Tanamkan Nilai-Nilai Utama Idul Adha, GIS 3 Jogja Potong 52 Kambing dan 3 Sapi Hasil Tabungan Kurban Siswa

Proses pemotongan hewan kurban di Gis 3 Jogja. Tahun ini GIS 3 Jogja Kurban 52 Kambing dan 3 Sapi Hasil Tabungan Kurban Siswa. Foto: Kemal/Humas Gis 3 Jogja.
Proses pemotongan hewan kurban di Gis 3 Jogja. Tahun ini GIS 3 Jogja Kurban 52 Kambing dan 3 Sapi Hasil Tabungan Kurban Siswa. Foto: Kemal/Humas Gis 3 Jogja.

Sebagaimana tahun sebelumnya, Global Islamic School 3 Yogyakarta (GIS 3 Jogja) melaksanakan program tabungan kurban siswa dan berhasil membeli 52 Ekor Kambing dan 3 ekor sapi untuk kurban Idul Adha. Program menabung kurban merupakan bentuk implementasi ajaran agama Islam yang ditanamkan GIS, terutama kepada para siswa.

SLEMAN – GIS 3 Jogja melaksanakan ibadah Shalat Ied dan pemotongan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1445 H, Senin (17/06/2024) di lapangan sekolah, Sanggrahan, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

“Tujuan program ini adalah untuk melatih atau membiasakan diri siswa untuk melaksanakan tuntunan agama Islam, salah satunya berkurban di hari Idul Adha. Selain itu juga mengajarkan tahapan untuk mencapainya, kalau butuh biaya maka dengan langkah paling sederhana yaitu menabung,” ungkap Direktur GIS 3 Jogja, Nurcahyani Gandi, kemarin.

Gandi menjelaskan, dalam kegiatan Shalat Ied dan pemotongan hewan kurban juga mengandung banyak aspek penerapan value (nilai-nilai) penting, diantaranya adalah menumbuhkan kepedulian sosial dimana daging kurban dibagikan kepada masyarakat di lingkungan sekolah.

Selain siswa, kata Gandi, orang tua juga terlibat dalam program kepedulian sosial sekolah untuk lingkungan sekitar.

“Jadi selain pelaksanaan ibadah mahdoh yaitu Shalat Ied dan ibadah kurban hewan, juga ada literasi finansial dan ibadah sosial untuk lingkungan sekolah,” ujarnya.

Di sisi lain, Gandi juga menilai kegiatan Idul Adha ini juga meningkatkan team building di internal GIS 3 Jogja, dimana semakin terjalinnya silaturahmi dan kekompakan antara guru, staf tenaga kependidikan dan seluruh karyawan GIS.

“Ada banyak value dari kegiatan ini, yang juga sekaligus menjadi bagian team building guru dan karyawan GIS 3 Jogja, karena tentunya mengurus kurban 52 Kambing dan 3 Sapi ini perlu banyak tenaga, sehingga guyub rukun guru dan karyawan semakin kuat,” imbuhnya.

Gandi juga bersyukur karena animo siswa untuk program menabung tahun ini semakin meningkat, seiring semakin banyaknya jumlah pesrta didik.

Hal itu ditunjukkan pada Idul Adha tahun 2023 hanya berjumlah 24 Kambing dan 3 ekor sapi, tahun ini meningkat menjadi 52 kambing dan 3 ekor sapi.

“Dengan pengulangan program ini value yang ditanamkan semakin menancap, kepedulian anak-anak meningkat, juga adanya guyub rukun, saling bahu-membahu dan menguatkan untuk mensukseskan program dari guru dan karyawan GIS 3 Jogja. Ini sekaligus menjadi tolok ukur bahwa program berjalan dengan baik,” tambahnya.

Ketua panitia Rahmat Hidayat menambahkan, dalam pelaksanaannya, kegiatan melibatkan guru dan karyawan sebanyak kurang lebih 130 orang.

Daging kurban 52 kambing dan 3 ekor sapi dibagikan kepada masyarakat sekitar GIS 3 Jogja, guru dan karyawan, Pondok Pesantren dan Panti Asuhan.

“Harapannya semoga kegiatan Idul Adha ini menjadi pembelajaran dan penguatan edukasi keislaman bagi siswa GIS 3 Jogja, dan menjadi manfaat bagi masyarakat,” tutup Rahmat. (rd1)

Redaktur: Fefin Dwi S

64 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com