Ketua Umum Galaksi 45 Terpilih Dilantik Bertepatan Menjelang Dies Natalis ke 41 Tahun

Ketum dan jajaran pengurus baru Galaksi 45 bersama senior dan Pembina galaksi 45 Rr. Putri Ana Nurani, S.S., M.M., C.Ed., C. Med. Foto: ist
Ketum dan jajaran pengurus baru Galaksi 45 bersama senior dan Pembina galaksi 45 Rr. Putri Ana Nurani, S.S., M.M., C.Ed., C. Med. Foto: ist

Ketum Mapala Galaksi 45 Periode 2024-2025 resmi terpilih dan dilantik. Pengambilan sumpah janji Ketum terpilih beserta Pengurus dilakukan oleh Pembina galaksi 45 Rr. Putri Ana Nurani, S.S., M.M., C.Ed., C. Med. di Kampus Universitas Proklamasi 45.

YOGYAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Galaksi Universitas Proklamasi 45 (UP 45) Periode 2024-2025 resmi dijabat oleh Lingga Cahyo Nugroho.

Mahasiswa Fakultas Teknik pada Prodi Teknik Perminyakan yang akrab disapa Lingga ini akan melanjutkan tongkat estavet untuk menuju keberlanjutan organisasi yang sebentar lagi akan memasuki dies natalisnya yang ke 41
tahun ini.

Lingga terpilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Galaksi 45 sebagai rangkaian agenda Musyawah Besar Pengurus Galaksi 45 Periode 2023-2024 yang dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 3 Juli 2024, di basecamp Galaksi 45 kampus UP 45.

Ketua Panitia Musyawarah Besar Galaksi 45, Latifah Aulia Rahman mengatakan proses pemilihan Ketum Galaksi 45 dilaksanakan melalui mekanisme Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung Luber Jurdil oleh seluruh anggota Galaksi 45.

Ada 3 kandidat yang masuk dalam bursa calon Ketum Galaksi 45, yaitu saudari Revi Riyanti Prodi Teknologi Informasi dari Divisi Mountaineering, Fajri Ikhsani Sulistyo prodi Teknik Perminyakan dari Divisi Rafting, dan Lingga Cahyo Nugroho prodi Teknik Perminyakan dari Divisi Caving.

“Sebelum proses pemilihan langsung, ketiganya saling beradu visi misi dan program untuk semakin memajukan Galaksi 45 mendatang,” kata Latifah dalam keterangan pers, Minggu (07/07/2024).

Ia menjelaskan, pada saat pemaparan, ketiga calon ketua berjanji untuk mengemban amanah yang
diberikan dengan baik, serta memberikan kontribusi inovasi kreatif serta akan
mendukung bagi siapapun yang terpilih menjadi Ketua Umum Baru.

Para calon ketua dengan wawasan pengetahuan, program kerja yang dimiliki, percaya diri mengemukakan pendapatnya dalam tahap demi tahap proses Pemilu.

Menurut Latifah, setiap anggota Galaksi 45 mencintai alam selalu bersyukur pada Tuhan juga menjunjung tinggi demokrasi yang berkualitas, sehingga setiap kandidat harus memiliki kemampuan leadership yang mumpuni.

“Hal itu harus diuji di depan anggota. Seusai penyampaian visi, misi, dan program para kandidat Ketum, dibuka sesi tanya jawab dengan anggota. Para kandidat dengan percaya diri memberikan argumentasi dan
pendapatnya,” ujarnya.

Mekanisme pemungutan suara juga dilakukan sebagaimana Pemilu pada umumnya.

Pemungutan suara dilakukan di bilik suara yang disediakan oleh panitia yang sebelumnya telah disampaikan tahap
mekanisme pemilihan dengan menunjukan surat suara bergambar tiga calon dan menerangkan terkait surat suara yang sah dan tidak.

“Penghitungan suara dilakukan dan terpilihlah saudara Lingga sebagai Ketum Galaksi 45,” ungkapnya.

Setelah Ketum terpilih ditetapkan panitia, kemudian pada Sabtu 6 Juli 2024
dilaksanakan pelantikan Ketua Umum Galaksi 45 Periode 2024-2025 sekaligus Serah Terima Jabatan dengan pengurus lama.

Acara tersebut diselenggarakan Auditorium PLN Universitas Proklamasi 45 (UP45), JI Proklamasi No 1 Babarsari Depok Sleman Yogyakarta.

Acara yang dimulai pada pukul 13.00 berlangsung khidmat.

Pengambilan sumpah janji Ketum terpilih beserta Pengurus dilakukan oleh Pembina galaksi 45 Rr. Putri Ana Nurani, S.S., M.M., C.Ed., C. Med.

Prosesi tersebut disaksikan oleh Koordinator Kemahasiswaan Simeon Egi,S.H.,M.M. seluruh Pengurus, anggota, senior Galaksi 45, Ketua Himpunan Mahasiswa dan UKM di Lingkungan UP 45.

Acara juga dihadiri Pengurus, Dewan Penasehat Galaksi 45, Kernet pariama yang pernah menjabat Ketua Umum Galaksi 45 Periode 2023-2024 dan Senior
Galaksi 45 Chairul Barsah, ST.

Dengan dilantiknya Ketum beserta pengurus baru Galaksi 45 yang baru Putri berharap, Galaksi 45 ke depan akan lebih maju, terus berinovasi dan berprestasi.

Putri berharap agar seluruh pengurus dapat melaksanakan tugas dan amanah yang diemban dengan semangat dan ikhlas.

Program-program yang sudah berjalan, kembali ditingkatkan demi prestasi.

“Musyawarah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dilakukan oleh setiap
organisasi untuk menghimpun dan mengakomodir usulan aspirasi dari para
anggotanya, sedangkan pemilu merupakan upaya pengkaderan untuk mempersiapkan valon pemimpin di masa depan untuk keberlanjutan organisasi yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan,” tutur Putri.

Putri juga berharap, pelaksanaan demokrasi yang senantiasa dilakukan
seluruh anggota Galaksi 45 dalam menjalankan roda organisasi, perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Pada kesempatan ini tantangan organisasi harus mampu ditanggapi dengan terus berinovasi dan berkreasi, terlebih dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu canggih.

“Selamat atas terpilihnya Lingga sebagai Ketum baru Galaksi 45, jadilah pemimpin yang tangguh, organisasi yang kuat mandiri, inovatif, kreatif, berintegritas,
dan berakhlak mulia mari bergerak bersama untuk mencapai cita cita,” ucap Putri.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Periode 2023 2024 Kernet Pariama dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus lama, selamat
berjuang untuk pengurus baru.

“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan
untuk manusia,” katanya mengutip kitab Kolose, pasal 3 ayat 23.

Di sisi lain, Senior Galaksi 45 Chairul Barsah, ST berpesan agar Ketum lama tidak meninggalkan adik-adiknya, serta terus meningkatkan kompetensi, prestasi.

“Ketua lama harus tetap mendampingi agar Ketua Terpilih dapat bekerja secara optimal untuk lebih memajukan Galaksi 45 ke depan,” pesan Chairul.

“Saya juga meminta seluruh pengurus harus mendukung program kerja yang telah dicanangkan oleh ketua. Galaksi 45 Jaya Galaksi 45 Jaya Salam Rimba Perkasa” tutupnya. (rd1)

Resaktur: Fefin Dwi Setyawati

60 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com