Tokoh Akademisi Akademi Hikmah Jabarkan Makna Peran Penting Insan Ulul Albab untuk Kemajuan Bangsa

Guru Besar Bidang Ilmu Tafsir Al Quran UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Mohammad Chirzin, M.Ag. menjadi narasumber kuliah subuh Akademi Hikmah membedah makna Ulul Albab. Foto: Ist
Guru Besar Bidang Ilmu Tafsir Al Quran UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Mohammad Chirzin, M.Ag. menjadi narasumber kuliah subuh Akademi Hikmah membedah makna Ulul Albab. Foto: Ist

Para akademisi dan tokoh intelektual kampus dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang terhimpun dalam Akademi Hikmah, membedah “Tafsir Ulul Albab dalam Al Qur’an” dan hubungannya dengan kemerdekaan Bangsa Indonesia

YOGYAKARTA – Akademi Hikmah kembali menggelar kuliah subuh mingguan secara daring,  pada Rabu (31/07/2024) .

Kuliah subuh kemarin mengangkat tema “Menuju Satu Abad Kemerdekaan Bangsa Indonesia (9 ramadhan 1364 H- 9 Ramadhan 1464H)”.

Guru Besar Bidang Ilmu Tafsir Al Quran UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Mohammad Chirzin, M.Ag. hadir sebagai narasumber dalam kegiatan rutinan tersebut.

Sementara itu bertindak selaku moderator, Siti Murtiyani, S.E., M.Si., Akt., Ph.D. (Ketua STEI Hamfara Yogyakarta) dan Host oleh Dr. Iwan Setiawan, M.Si. (Dosen Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta).

Dalam pemaparannya Prof. Dr. Mohammad Chirzin, M.Ag. mengungkapkan, Istilah Ulul albab dalam Al-Quran untuk menyebut sekelompok umat manusia yang berakal.

“Ulul albab dari kata ‘ulu’ dan ‘al-albab’. Ulu artinya mempunyai, sedangkan al-albab berarti daya pikir. Kata al-albab bentuk jamak dari ‘al-lubb’ yang artinya pikiran. Ulul albab ialah orang-orang yang memiliki daya pikir sangat tajam,” tuturnya.

Menurut Prof Chirzin, Ulul albab ialah orang yang memiliki akal dan kecerdasan. Ulul albab memiliki pemikiran dan pemahaman yang benar.

“Ulul albab adalah Mereka yang memahami penciptaan langit dan bumi serta pergantian siang dan malam sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah. Istilah ulul albab disebutkan dalam Al-Quran 16 kali,” ujarnnya.

Menyongsong 1 Abad kemerdekaan Republik Indonesia, maka dibutuhkan peran para insan Ulul albab untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang maju dan beradab.

Salah satu penggiat Akademi Hikmah, Rr. Putri Ana Nurani, S.S., M.M., C.Ed., C. Med, mengungkapkan Kegiatan kuliah subuh Akademi Hikmah diselenggarakan oleh Akademi Hikmah, didukung UP45, STIA AAN, PSP IKA UNY, UTY FM Medari. Rumah Syamil Quran.

Menurut Dosen Universitas Proklamasi 45 ini, sebelum diskusi dan kajian dimulai, diawali dengan Tadarus Virtual pada Pukul 05.00 – 05.20 WIB

Kajian dengan materi Tafsir Ulul Albab dalam Al Qur’an menjadi sangat penting untuk menumbukan kembali nilai-nilai islam dalam merawat kemerdekaan dan memajukan bangsa Indonesia yang sudah merdeka hampir setengah Abad.

“Dengan peran para Ulul Albab, apa yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia, yaitu menjadi bangsa yang besar dan maju dalam segala bidang di dunia, diharapkan akan segera terwujud,” pungkas Putri. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

60 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com