Kamis, 21/11/2013 16:10 WIB | Dibaca: 1156 kali

Sistem Tanam Jajar Legowo Selamatkan DIY dari Krisis Kekurangan Beras


ilustrasi

YOGYAKARTA - Diprediksikan sebelumnya, stok beras di Daerah Istimewa Yogyakarta 2014 terancam menipis. Akan tetapi, hal itu dibantah oleh Kepala Dinas Pertanian DIY, Sasongko. Menurutnya, stock beras di DIY pada 2014 nanti masih aman.
Sasongko memaparkan, sistem tanam di DIY sudah mulai bergerak dan teratur. Apalagi, tambah Sasongko, para petani sudah mulai menggunakan sistem tanam jajar legowo. "Yaitu dengan cara menanam 2 barisan namun 1 baris kosong. Yang kosong itu biasa di bagian tepinya," jelasnya Kamis (21/11/2013) di ruang kerjanya.
Sistem tanam jajar legowo menurut Sasangko, akan menciptakan hasil tanaman yang bagus. Pasalnya ada kerenggangan sehingga sangat efektif untuk mengantisipasi ancaman banjir yang menyebakan tanaman roboh.
"Tanaman pinggir akan menghasilkan tanaman yang baik, hasilnya pun bagus. Hal semacam ini sudah disosialisasikan kepada petani," imbuhnya.
Sasongko juga menuturkan, dari survey yang pernah dilakukan, sistem tanam jajar legowo ini mampu memberi hasil yang optimal. "Dari hasil dengan menggunakan sistem jajar legowo, hasilnya akan meningkat dan bisa naik di atas 10%," pungkasnya. (ynr)
Redaktur: Azwar Anas

 

 


 





Baca Juga