Jumat, 22/11/2013 16:39 WIB | Dibaca: 1057 kali

UGM Kembali Luncurkan Mobil Ramah Lingkungan


Menristek Gusti Muhammad Hatta dan Rektor UGM Supratikno saat peluncuran mobil listrik

SLEMAN - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meluncurkan mobil dan bus baru dengan sumber energi listrik, Jumat (22/11/2013). Dua mobil itu adalah sport car, dan gendis VVIP. Kendaraan generasi baru karya UGM tersebut menggunakan komponen konvensional dengan enggine yang disuplay dengan tenaga elektrik. Energi listrik dalam kendaraan sendiri bisa tahan hingga 6 jam, dan bisa menempuh jarak sejauh 400 km.

Peluncuran mobil yang didesain ramah lingkungan tersebut dihadiri Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS dan Rektor UGM, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc.

Menurut Supervisi dari bengkel ‘kupu-kupu malam' sebagai pelaksana perakitan mobil, Tatar Yoga Nugroho, proses pembuatan kendaraan ini membutuhkan waktu yang relatif cepat, yaitu 5 bulan.

"Dalam proses pengerjaannya ini kita ada orang 10," katanya.

Sedangkan Ir. Dasep Ahmadi, pencipta mobil listrik mengaku senang karena bisa menciptkan mobil dan kendaraan lain dengan menggunakan energi listrik.

"Mudah-mudahan ke depannya kendaraan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena menggunakan energi listrik, tentu ini bisa menghemat sumber energi BBM negara kita dan lebih ramah lingkungan," tambahnya.

Sementara Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS, mengaku sangat bangga dengan kreasi yang dihasilkan oleh UGMtersebut.

"Ini sudah kedua kalinya UGM meluncurkan kendaraan yang ramah dengan lingkungan. Semoga ini bisa menjadi contoh perguruan tinggi lainnya. Jangan UGM terus yang menciptakan," harapnya. (ynr)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga