Minggu, 24/11/2013 16:44 WIB | Dibaca: 1078 kali

PMI Gelar Simulasi Gempa di Patuk


Para peserta pelatihan sedang menangani korban

GUNUNGKIDUL - Korp Sukarela (KSR) Unit I PMI Kota Yogyakarta menggelar simulasi bencana gempa bumi di kawasan Desa Ngoro-ngoro, Kecamatan Patuk, Minggu (24/11/2013).
Ketua KSR PMI Kota Yogyakarta, Prawoto mengatakan, simulasi dilakukan selama satu hari untuk 38 anggota. Simulasi yang digelar ini untuk mengamplikasikan pendidikan dan pelatihan (Diklat) selama dua bulan yang sudah ditempuh 38 anggota.
"Simulasi harus dilakukan sebagai aplikasi dari materi teori," katanya kepada wartawan di sela-sela melakukan simulasi.
Prawoto mengatakan, semua peserta yang dilatih merupakan anggota dari masyarakat umum dan mahasiswa sebagai bekal sehingga saat menghadapi bencana semua anggota PMI harus sudah siap melakukan pertolongan.
"Tidak hanya regu penolong namun juga dipersiapkan dari regu penampungan korban, logistik sampai regu dapur umum," jelasnya.
Pantauan jogjakartanews.com, simulasi bencana gempa bumi di kawasan Desa Ngoro-ngoro tersebut berlangsung lancar dari pukul 08.30., hingga sekitar pukul 11.00. Nampak peserta melakukan simulasi dengan serius dari melakukan pendataan korban bencana hingga melakukan evakuasi korban. (dit)
Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga