Minggu, 24/11/2013 20:03 WIB | Dibaca: 2235 kali

Wali Kota Jogja Kukuhkan Unit Relawan Cepat Tanggap Bencana Pare Anom


Wali Kota Yogyakarta mengukuhkan unit relawan tanggap bencana Pare Anom. Insert: Suryo Edi Setiawan

YOGYAKARTA - Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengukuhkan unit relawan tanggap bencana Pare Anom, Minggu (24/11/2013), di lapangan parkir Radio Reco Buntung, Jl. Jagalan No.34 Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta. Dalam upacara pengukuhan 32 relawan Pare Anom tersebut, Haryadi mengatakan Pemerintah Kota Yogyakarta mendukung dan mengapresiasi kegiatan sosial kemanusiaan yang dilakukan Pare Anom, selama ini.
"Keberadaan Pare Anom sangat bermanfaat bagi masyarakat DIY, khususnya di Kota Yogyakarta yang relatif rawan bencana ini," ungkapnya.
Dalam acara pengukuhan tersebut juga dihadiri ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Ir. Gatot Saptadi.
Prosesi pengukuhan dilakukan Wali Kota dengan memasangkan baret kepada dua perwakilan relawan, Heri Wibowo dan Maryati Lestari.
Menurut Komandan SAR Pare Anom, Suryo Edi Setiawan, 32 relawan yang dikukuhkan sudah melalui proses seleksi yang ketat. Menurutnya ada tiga tahapan pelatihan yang sudah dilalui para relawan tersebut.
"Terakhir kita adakan pelatihan bekerjasama dengan TNI AL, sekaligus pembaretan di Pantai Samas Bantul," tuturnya.
Suryo menambahkan, relawan Pare Anom yang dikukuhkan sudah mendapat penilaian terkait loyalitas dan intensitasnya untuk pengabdian kepada masyarakat dalam penanganan bencana.
"Karena relawan ini tidak ada yang menggaji, jadi benar-benar harus menjalankan misi kemanusiaan, sehingga loyalitasnya juga harus diuji," bebernya.
Ketua Internal, Yatmoko menambahkan, Pare Anom yang sudah berdiri sejak 9 Maret 2008 lalu hingga saat ini sudah memiliki sedikitnya230 relawan yang tersebar di wilayah DIY.
"Anggota kami terbanyak di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul, yang merupakan daerah rawan bencana. Untuk di Gunungkidul dan Kulonprogo ada, namun masih kurang banyak. Ke depan kami akan tingkatkan," ungkapnya.
Acara pengukuhan yang dimulai Pukul 08.00 Wib tersebut dilanjutkan dengan bakti sosial bersih kali code. Wali Kota beserta Ketua BPBD DIY juga turut dalam kegiatan yang berlangsung hingga pukul 11.00 Wib tersebut. (ynr)
Redaktur: Hartanto


 





Baca Juga