Rabu, 01/01/2014 16:44 WIB | Dibaca: 1088 kali

Kebakaran Pasar Semin Akibat Korsleting


Polisi melakukan olah TKP di Pasar Semin. Foto: Adhit

GUNUNGKIDUL - Tim Identifikasi Satuan Reskrim Polres Gunungkidul melakukan olah TKP di Pasar Semin yang terbakar, Rabu (31/1/2014) siang. Polisi menduga, kebakaran diakibatkan karena hubungan arus pendek listrik (korsleting).

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Suhadi SH menjelaskan, berdasarkan hasil olah TKP tim identifikas, kebakaran di Pasar Semin diduga kuat karena korsleting.

"Tim identifikasi menemukan banyak instalasi listrik yang semrawut dan kabel-kabel kualitas buruk," kata Suhadi kepada Jogjakartanews.com siang tadi.

Adanya instalasi listrik yang semrawut, kata Suhadi, menimbulkan konsleting listrik, sehingga menyebabkan percikan api yang menyambar ke tumpukan kardus di los pasar tersebut. Dari material yang mudah terbakar tersebut, api kemudian merembet dan membakar barang-barang berbahan dasar plastik hingga melahap semua bangunan kios.

"Karena di pasar juga ada beberapa tabung gas yang meledak api dengan cepat membesar," katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Semin, Widagdo mengatakan, akibat kebakaran ini kerugian materi mencapai milyaran rupiah. Sebab, sebagian besar barang dagangan di 25 los pasar milik 240 pedagang tidak sempat diselamatkan.

"Kerugian mencapai milyaran rupiah. Untuk sementara ini pedagang belum bisa berjualan karena kami baru menyiapkan lokasi pasar darurat," tambahnya. (dit)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga