Senin, 13/01/2014 15:38 WIB | Dibaca: 2140 kali

Tingkat Sebaran Puting Beliung Tinggi, Masyarakat Dihimbau Waspada


Puting Beliung. Ilustrasi/doc.istimewa

YOGYAKARTA - Terjadinya Angin Puting Beliung yang melanda kawasan Bantul dan sekitarnya yang terjadi pada Minggu sore ternyata tidak berdampak dengan daerah DIY lainnya. Puting beliung di Bantul potensinya hanya kecil dan terjadi sesaat saja.

"Cuaca saat ini memang harus diwaspadai, sehingga berpontensi terjadinya angin puting beliung, ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Gatot Saptadi saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (13/1/2014).

Dis amping itu, ia menambahkan bahwa untuk terjadinya angin puting beliung tingkat sebarannya sangat banyak sekali dan sangat sulit sekali untuk diprediksi.

Masih kata Gatot, bahwa di DIY ada beberapa lokasi yang wajib diwaspadai untuk bencana angin puting beliung, yaitu Bantul, Klaten dan Sleman.

"Untuk kawasan Kota Yogyakarta sendiri sangat kecil potensinya jika terjadi angin puting beliung. Hanya 3 kawasan tersebut yang patut diwaspadai," tambahnya.

Gatot juga menghimbau kepada warga masyarakat Yogyakarta agar untuk menjauh dari benda-benda yang mungkin akan terkena angin puting beliung, di antaranya, pohon-pohon, dan barang-barang yang mudah roboh kena angin. (ynr)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga