Jumat, 24/01/2014 13:49 WIB | Dibaca: 1358 kali

Cuaca Buruk, Tinggi Gelombang Laut Pantai Selatan Mencapai 4 Meter


BMKG. doc.istimewa

BANTUL - Cuaca buruk terjadi di wilayah selatan DIY khusunya pantai selatan yang mengakibatkan tinggi gelombang air laut pesisir pantai selatan DIY mencapai 2,5 meter hingga 4 meter. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY juga menetapkan status Waspada terhadap kondisi tersebut.

Kasi Data dan Informasi BMKG DIY, Toni Agus Wijaya menjelaskan, Gelombang tinggi tersebut sudah mulai dirasakan sejak beberapa minggu lalu dan diprediksi masih akan terjadi hingga beberapa minggu ke depan dengan kecepatan angin laut mencapai 4 Km/jam.

"Warga yang beraktivitas di pesisir selatan diminta untuk tetap selalu waspada, karena gelombang laut saat ini cukup tinggi mencapai 4 Meter," ujarnya Jum'at (24/1/2014) saat di hubungi.

Lebih lanjut ia menambahkan Tingginya gelombang laut di pantai selatan DIY bukan disebabkan oleh adanya badai melainkan hanya tekanan udara rendah yang mempengaruhi tingkat kecepatan angin lebih kuat.

"Gelombang tinggi saat ini bukan badai hanya ada tekanan rendah di laut selatan DIY," tambahnya.

Namun warga dan nelayan lagi-lagi harus tetap lebih waspada terhadap gelombang tinggi pantai.

Akhir Bulan Januari hingga awal Februari masih masuk dalam puncak musim penghujan di wilayah DIY sehingga cuaca di sebagian wilayah masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Sementara itu BMKG juga memprediksi, kondisi cuaca untuk wilayah DIY pada hari ini akan terjadi hujan sedang dengan suhu udara berkisar pada 22 derajat Celcius hingga 31 derajat Celcius dengan kelembaban udara antara 60 persen hingga 98 persen. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga