Minggu, 26/01/2014 09:14 WIB | Dibaca: 995 kali

Pasokan Nelayan Lokal Tak Dapat Penuhi Permintaan Pasar


ilustrasi/doc.istimewa

GUNUNGKIDUL - Pasokan nelayan Gunungkidul tidak dapat memenuhi permintaan pasar. Hal ini dikarenakan cuaca sejak satu bulan terakhir buruk, sehingga tangkapan nelayan tidak maksimal.

Heru salah seorang pedagang ikan laut Pasar Argosari Wonosari, mengaku sudah sejak satu bulan ini ia harus mendatangkan ikan dari daerah Pantura. Karena tangkapan nelayan di Gunungkidul tidak dapat memenuhi permintaan pasar.

"Karena cuaca buruk, nelayan tidak berani melaut. Sehingga imbasnya ke pedagang ikan seperti saya ini," katanya ketika dihubungi wartawan, Minggu (26/1/2014) tadi.

Heru mengatakan, harga cumi yang sebelumnya hanya Rp44 ribu perkilo, kini melonjak menjadi Rp62 ribu. Sedangkan udang yang sebelumnya hanya Rp52 ribu perkilo naik menjadi Rp65 ribu. Ikan Panjo dari semula Rp 22 ribu naik menjadi Rp 26 ribu, ikan Krisi yang sebelunnya Rp18 ribu naik menjadi Rp22 ribu, ikan tuna yang sebelumnya Rp23 ribu menjadi Rp27 ribu.

"Harga ikan laut rata-rata naik semua. Banyak konsumen kami memilih untuk membeli ikan tawar karena harganya lebih terjangkau," tambahnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

 


 





Baca Juga