Rabu, 29/01/2014 19:58 WIB | Dibaca: 981 kali

Ribuan Sekolah Dibangun di Zona Berbahaya


Logo BPBD. Foto/doc.isimewa

GUNUNGKIDUL - Ribuan sekolahan di sepanjang selatan DIY, dari Kabupaten Kulonprogo, Bantul, Sleman, dan Gunungkidul menempati zona rawan bencana atau bahaya.

Badan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Heri Siswanto mengatakan, di DIY ada sebanyak 3 ribu sekolahan yang berdiri di zona bahaya. Ribuan sekolah tersebut diinventarisir terkena bencana alam karena berlokasi di daerah berpotensi bencana.

"Baik gempa bumi, tsunami dan bencana alam tanah longsor," katanya kepada wartawan usai menggelar sosalisasi pengenalan dan pemantauan resiko bencana alam, nonalam dan sosial di Wonosari, Rabu (29/1/2014).

Heri mengatakan, supaya meminimalisir korban saat terjadi bencana alam, BPBD berharap kepada pemerintah untuk memasukan materi kebencanaan dalam kurikulum pendidikan. Sehingga jika bencana terjadi siswa tahu harus bagaimana menyelamatkan diri dan orang lain.

"Tenaga pendidik diberikan materi tentang kebijakan pemerintah dalam penanganan bencana serta pemahaman mengenai langkah dalam menghadapi bencana. Dari guru kemudian ditransfer ke murid," tambahnya. (dit)

Redaktur

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga