Selasa, 11/02/2014 17:48 WIB | Dibaca: 1074 kali

Relawan Evakuasi Material Longsor di Gedangsari


Warga dibantu relawan membersihkan material longsor. Foto/aditya

GUNUNGKIDUL - Relawan gabungan dari Tagana, BPBD Gunungkidul, Polri dan TNI melakukan evakuasi material longsor yang terjadi pada dini hari tadi di Dusun Suruh, Hargomulyo, Gedangsari, Selasa (11/2) siang.

Longsor terjadi di Dusun Suruh dan material longsor menimpa rumah milik Yosowiyono(90) warga setempat. Tebing setinggi belasan meter yang ada di belakang rumah longsor dan menimpa rumah bagian belakang. Akibatnya, atap rumah mengalami rusak berat.

"Setelah siang harinya baru kami (warga) dibantu relawan mengevakuasi meterial longsor yang merusak rumah saya," ungkap korban.

Warga dibantu relawan gabungan pada siang harinya segera melakukan evakuasi material longsor yang menghancurkan rumah bagian belakang Yosowiyono. Selain membantu evakuasi, pihak BPBD Gunungkidul juga memberikan bantuan logistik.

"Bantuan logistik untuk kami (korban longsor) dari pemerintah juga sudah kami terima. Tadi pak wakil bupati Gunungkidul (Immawan Wahyudi) juga memberikan bantuan kepada kami," katanya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Budi Harjo mengatakan, warga di Kecamatan Gedangsari diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena Kecamatan tersebut merupakan zona merah (rawan) bencana tanah longsor.

"Gedangsari topografi wilayahnya yang berbukit-bukit serta tanah cukup labil sehingga potensi tanah longsor cukup tinggi," jelasnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga