KPU DIY Kumpulkan Ratusan Relawan Demokrasi termasuk Kaum Disabilitas


doc.istimewa

YOGYAKARTA - Komisi Pemilihan Umum Propinsi DIY Kamis (27/02) Pagi mengumpulkan ratusan relawan Demokrasi (Relasi) dan Agen Sosialisasi terkait penyelenggaraan Pemilu 2014. Sebanyak 125 relawan Demokrasi yang tergabung dari berbagai kabupaten/kota termasuk kelompok disabilitas mengikuti Apel Siaga di halaman kantor KPU DIY.

Dalam Apel Siaga itu KPU DIY memberian penyematan rompi kepada para relawan demokrasi dan Agen Sosialisasi sebagai tanda pengenal.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan, Apel siaga relawan demokrasi sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih di Pemilu 2014 khususnya pada pemilih pemula.

"Karena Tren Pemilu saat ini semakin menurun dibanding beberapa tahun lalu sehingga peran Relawan Demokrasi ini penting bagi KPU untuk menambah jumlah partisipasi pemilih"Ujarnya Kamis (27/02).

Menurutnya secara nasional KPU menargetkan sebanyak 75 persen pemilih dalam proses Penyelengaraan Pemilihan umum 2014, tetapi di Yogya berharap jumlah partisipasi pemilih jauh lebih besar dari target nasional.

"Para relawan demokrasi ini memiliki tugas memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dan mengajak untuk turut berpartisipasi dalam Pemilu Legislatif maupun Presiden 2014," terangnya.

Ketua KPU DIY berharap, para relawan demokrasi bisa bekerja Independen nonparsial dan tidak melakukan tindak kekerasan serta menghargai budaya setempat dan tidak bertindak diskriminatif. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga