Senin, 03/03/2014 13:19 WIB | Dibaca: 903 kali

Ada Banyak Jembatan di DIY yang Harusnya Sudah Diganti


Jembatan ambles di Jalan Ringroad Utara. Foto/mustakim

YOGYAKARTA - Pasca amblesnya jembatan di Condong Catur, Jalan Ringroad Utara, Anggota Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional, Santosa berpendapat, ada banyak jembatan di DIY yang harusnya sudah diganti. Akan tetapi karena kendala pembiayaan kini jembatan-jembatan itu hanya direnovasi.

Selain jembatan di Condong Catur, Jalan Ringroad Utara, kata Santosa, termasuk di antaranya adalah jembatan yang ada di Jalan Afandi, tepatnya di depan UIN Sunan Kalijaga. Pihaknya menilai amblesnya jembatan di Jalan Afandi beberapa waktu lalu, disebabkan kondisi jembatan yang sudah lapuk dimakan usia.

"Yang ini pun (jembatan di Jalan Ringroad Utara - Red) sementara hanya kami kasih material batu untuk meratakan karena menunggu instruksi dari atas," jelasnya, Senin(03/3).

Santosa menambahkan, diperikirakan usia jembatan di Jalan Ringroad Utara tersebut mencapai 38 tahun padahal usia ideal pemakaian sebuah jembatan berkisar sampai 20 tahun. "Ini dibangun pada tahun 1976, memang seharusnya sudah diganti," imbuhnya.

Santosa menjelaskan rata-rata jembatan di DIY sudah saatnya diganti bahkan ada yang merupakan tinggalan masa Belanda dan belum diganti. Kendati jembatan masih terbilang kokoh, akan tetapi kata Santosa, alangkah baiknya mulai dipikirkan untuk mengganti. "Pemerintah biasanya begitu, nunggu sampai ambles baru diganti," pungkasnya. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga