Rabu, 02/04/2014 19:49 WIB | Dibaca: 1388 kali

Gempa Chili Berpotensi Tsunami di Tanah Air, BPBD Siaga


doc. istimewa

GUNUNGKIDUL - Dampak gempa bumi di lepas pantai Chilie, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengisyaratkan sepanjang pantai selatan berpotensi terjadi tsunami. Adanya isyarat tersebut, BPBD Gunungkidul melakukan sejumlah antisipasi terjadinya tsunami, Rabu (2/4/2014).

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Budiharjo mengatakan, pihaknya telah menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di pesisir laut Selatan Gunungkidul untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

"Informasinya, terdapat beberapa pantai di Indonesia yang berpotensi terjadi tsunami antara lain Kota Jayapura, Jayapura, Sarmi, Waropen," ungkapnya.

Selain itu, kata Budi, Biak Numfor, Supiori Manokwari, Yapen Sorong Bagian Utara, Kota Sorong, Halmahera Utara, Halmahera Tengah, Rajaampat, Pandeglang bagian Selatan, Jember dan sepanjang pantai selatan lainnya juga berpotensi tsunami.

"Kami (BPBD) sudah berkoordinasi dengan Tim SAR pantai, masyarakat nelayan dan desa untuk melakukan sosialisasi agar jika terjadi tsunami tidak menimbulkan korban," ungkapnya ketika dihubungi wartawan, petang. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga