Animal Friends Jogja: Mematikan Anjing dengan Racun itu Perbuatan Sadis


doc.istimewa

YOGYAKARTA - Pembunuhan anjing yang terjadi di Bali beberapa waktu lalu sangat disayangkan. Termasuk halnya Animal Friends Jogja (AFJ). Menurut Manager Program AFJ Dessy Zahara Anggelina Pane, kejadian yang ada di Bali merupakan hal yang tidak bisa dibiarkan. Menurutnya, tindakan pembunuhan yang dilakukan termasuk kategori penyiksaan.

"Pembunuhan atau mematikan anjing dengan menggunakan obat atau racun itu tidak diperbolehkan. Tidak manusiawi. Itu kan menyiksa," kata Ina, panggilan akrab Dessy Zahara Anggelina Pane kepada Jogjakartanews.com, Jumat (18/4/2014) pagi.

Ina berpendapat, bahwa tindakan yang dilakukan dengan memusnahkan hewan bukanlah sebuah solusi. Masih ada cara lain apabila tidak menginginkan bertambahkan populasi hewan.
Ina mengatakan, untuk mengendalikan populasi hewan dapat menggunakan sterilisasi dan vaksinasi. Menurutnya, kedua langkah tersebut, selain mencegah populasi juga dapat meminimalisasi berkembangnya penyakit yang ada di hewa itu sendiri.

"Jika memang harus dimusnahkan, ya harus dengan cara yang manusiawi dong. Anjing kan juga makhluk hidup," kata Ina. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga