Kamis, 15/05/2014 15:53 WIB | Dibaca: 885 kali

Borobudur Rusak, Budhis dari Berbagai Negara Mengadu ke Sultan


Sultan bersama Walubi dan Budhis dari 17 negara. Foto/mustakim

YOGYAKARTA - Usai menjalankan ibadah waisak, para jamaah Budha dar 17 negara mengunjungi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam kunjungan tersebut para Budhis bersama Perwakilan Budha Indonesia (Walubi) Pusat, curhat terkait bangunan Borobudur yang mulai lapuk.

Ketua Walubi Pusat, Sujito Kusumo menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi fisik candi Borobudur. Menurut ceritanya, banyak patung yang sudah tak utuh. "Tangan dan kepala patung bahkan sudah tidak ada," tuturnya, Kamis (15/5/2014).

Sujito menambahkan, para umat Budha dalam berjamaah menjadi resah karena bagi para pemeluk agama Budha, patung-patung tersebut merupakan perwakilan dari Tuhan.

Untuk itu, pihaknya berharap, candi Borobudur yang sudah mendapat pengakuan UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia mendapatkan perhatian, termasuk untuk perbaikan kondisi fisiknya. "Sekiranya nanti bisa bekerjasama dengan Sultan untuk bisa membantu memperbaikinya," ujar Sujito.

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono berjanji akan membantu memperbaiki candi Borobudur. Sultan mengatakan, candi Borobudur merupakan salah satu bagian budaya. "Tentu nanti dengan persetujuan negara dan UNESCO," kata Sultan. (kim)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga