Kamis, 22/05/2014 23:34 WIB | Dibaca: 556 kali

Hasto Optimis, Bandara akan Terealisasi


doc.istimewa

YOGYAKARTA - Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo memastikan bahwa rencana pembangunan mega proyek bandara di kawasan Kabupaten Kulonprogo jadi dilaksanakan. "Intinya bandara jadi," kata Hasto seusai acara penyerahan hasil laporan Pemeriksaan atas laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten/Kota se-DIY, Tahun Anggaran 2013 di Auditorium R. Soerasno Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan DIY, Kamis (22/5/2014).

Saat ini, lanjut Hasto, penetapan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) telah selesai. Meskipun, secara tertulis belum disampaikan kepeda Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

"Saya baru mendengar. Secara resmi belum menerima langsung sacara tertulis," kata Hasto.
Hasto mengatakan, terkait masyarakat yang tempat tinggal warga yang akan terkena pembangunan tersebut akan tetap diberikan biaya ganti ruginya. Saat ini, proses negosiasi dengan warga terus dilakukan. Hasto mengungkapkan jika banyak warga yang cemas soal kesejahteraannya.

"Saya fokusnya untuk kesejateraan jumlah 600 kurang lebih," ujarnya. Selain itu, Hasto mengaku jika saat ini sudah dibentuk tim kecil dari tingkat SKPD, camat, kepala desa untuk melakukan sosialisasi. Tim tersebut bergerak untuk menemui warga menjelaskan mengenai proyek pembangunan bandara, yang setiap minggunya sebanyak 50 warga.

Selain itu, tim rekolasi lahan dibentuk dari Angkasa Pura, BPN dan Propinsi yang menyangkut soal transaksi. Sementara, pemerintah kota (Pemkot) tidak ikut didalamnya. "Tugas Pemkot Kulonprogo hanya sosialisi, meminta masyarakat untuk menerima pembangunan bandara. Sosialisasi berikutnya mengenai harganya bagaimana dan warga pindah kemana," tutupnya. (kim)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga