Senin, 02/06/2014 14:44 WIB | Dibaca: 1051 kali

Bertemu Sultan, Jokowi-JK Minta Doa Restu Atau Dukungan?


Jokowi-JK, menyampaikan maksud kedatangannya di hadapan wartawan. Foto/Azwar

YOGYAKARTA - Dalam lawatannya ke Yogyakarta, Capres dan Cawapres RI 2014, Jokowi-JK sowan ke Ngarso Dalem, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Jokowi-JK beserta rombongan termasuk di antaranya, Anies Baswedan, tiba di Keraton Kilen, Senin (2/6/2014) sekitar pukul 12.00 WIB.

Di hadapan wartawan Jokowi mengutarakan maksud kedatangannya sebagai bentuk silaturrahmi dan berdialog kebangsaan dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pasalnya, selain sebagai Raja sekaligus Gubernur DIY, Jokowi menilai, Sri Sultan Hamengkubuwono X adalah guru bangsa dan tokoh budaya Indonesia yang multikulturalisme.

"Beliau ini (Sultan-red) kan selaku guru bangsa dan tokoh budaya, maka tidak ada salahnya kami meminta wejangan kepada beliau, bagaimana membangun bangsa yang lebih baik," ujarnya di Keraton Kilen.

Selain itu, Jokowi menambahkan, ia terinspirasi dengan prinsip filsafah Yogyakarta, Hamemayu Hayuning Bawono yang berarti pemimpin harus membaur di tengah masyarakat. Hal itu, selama ini ia tunjukkan dengan kebiasaan blusukan.

Jokowi juga sempat menyinggung masalah kecocokan dengan keduanya. Kecocokan itu, lanjut Jokowi berupa kesamaan dalam memandang masalah ekonomi, kebudayaan, maritim, hingga masalah kemiliteran di Indoensia. (war)

Redaktur: Rudi F

 

 


 





Baca Juga