Jumat, 20/06/2014 11:58 WIB | Dibaca: 2069 kali

Jelang Ramadhan, Harga Cabai Rawit Anjlok


Harga cabe dan tomat di Pasar Prawirotaman anjlog. Foto/istimewa

YOGYAKARTA- Mendekati bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi harga komoditas sayur seperti cabe rawit merah dan tomat di pasar Prawirotaman Kota Yogyakarta justru mengalami anjlok tidak seperti yang diharapkan para pedagang, harga cabai turun sejak beberapa pekan terakhir ini.

Menurut pedagang sayur pasar Prawirotaman, Poniyem (43) mengatakan mendekati Ramadhan biasanya mengalami kenaikan namun kali ini harga cabe rawit dan tomat justru anjlok.

Menurutnya harga cabai rawit merah perkilo hanya Rp.13.000, berbeda dengan sebelumnya harga rawit merah tembus di harga Rp.70.000, perkilonya. Sementara harga tomat saat ini perkilo hanya Rp.4.000,

"Sekarang ini harga rawit lagi anjlok padahal sudah mendekati puasa," ucapnya Jum'at (20/06/2014).

Ia mengaku selain cabai rawit merah dan tomat harga lain yang anjlok adalah Bawang merah dengan harga Rp.12.000/Kg.

"Penurunan harga ini karena pasokan yang melimpah sejak beberapa hari terakhir sementara peminat kurang," ujarnya.

Ia berharap permintaan pasar akan meningkat pekan depan dan membuat harganya kembali terdongkrak saat bulan suci Ramadhan nanti. Poniyem menjelaskan bahwa pasokan komoditas sayuran di pasar Prawirotaman di pasok langsug dari sejumlah wilayah di jawa tengah dan jawa timur, seperti Brebes dan Magetan.

"Mudah-mudahan sehari sebelum Puasa harga komoditas sayuran yang anjlok bisa kembali normal," harapnya.

Anjloknya harga komoditas sayur-mayur di pasar Prawirotaman Kota Yogyakarta ini selain faktor cuaca disebabkan oleh melimpahnya jumlah pasokan dan kurangnya peminat. (war)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga