Rabu, 25/06/2014 13:26 WIB | Dibaca: 2777 kali

Parspa TNI 2014, SBY Dijadwalkan jadi Inspektur Upacara


Komandan Jendral (Danjen) Akademi TNI, Marsekal Muda TNI Bambang Samudro. Foto/Azwar Anas

YOGYAKARTA - Upacara kelulusan Akdemi Angkatan Perwira Remaja (Paja) akan menghadirkan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono sebagai pelantik, Kamis (26/6/2014). Upacara kelulusan atau yang dikenal dengan Prasetia Perwira (Praspa) TNI 2014 masing-masing angkatan meluluskan, Akademi Angkatan Udara (AAU) sebanyak 105, Akademi Angkatan Laut (AAL) sebanyak 99, dan Akademi Militer (Akmil) sebanyak 249.

Komandan Jendral (Danjen) Akademi TNI, Marsekal Muda TNI Bambang Samudro mengatakan, Parspa 2014 akan menghadirkan SBY sebagai inspektur upacara yang sekaligus menjadi tugas terakhir Presiden SBY dalam melantik perwira. Pasalnya, pada kelulusan 2015 berikutnya, Presiden SBY akan digantikan oleh presiden terpilih.

"Ini tugas melantik beliau (SBY) yang terakhir, karena tahun depan dipastikan SBY sudah diganti dengan Presiden terpilih," ujarnya, Rabu (25/6/2014).

Dalam Praspa 2014, dipilih tiga perwira yang menjadi lulusan terbaik di masing-masing Akademi Angkatan dan mendapat lencana Adhi Makayasa. Di antaranya, Lek Chandra Ari Wijaya dari AAU, Letda Laut Egistya Pranda dari AAL, dan Letda Inf.Tegar Aji Widhiwardhana dari Akmil.

"Ketiganya merupakan periwira terbaik tahun ini. Mereka merupakan perwira yang berrestasi dalam tiga aspek, akademis, jasmani, dan kepribadian," jelas Danjen.

Bambang Samudro menjelaskan, Adhi Makyasa merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik dari setiap matra di TNI. Penganugerahan tersebut langsung akan disematkan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Sejak tahun 1984 - 2003 pemantikan Perwira remaja lulusan Akademi TNI serta penganugerahan Adhi Makayasa, digelar di Istiana Merdeka, Jakarta. Akan tetapi mulai tahun 2004, pelantikan akan dilakukan di masing-masing Akademi secara bergantian. "Dan tahun ini giliran di AAU yang akan dilaksanakan di Lapangan Dirgantara," pungkasnya. (war)

Redaktur: Rudi F

 

 


 





Baca Juga