Untuk yang Terakhir Kalinya, Presiden SBY akan Melantik Ratusan Perwira


Dalam siaran Pers, SBY dipastikan akan menjadi Inspektur Upacara Parspa 2014. Foto/Azwar Anas

YOGYAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono akan melantik lulusan Akademi Angkatan di Lapangan Dirgantara, Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, Kamis (26/6/2014). Pelantikan tersebut menjadi tugas terakhir Presiden untuk melantik lulusan perwira. Pasalnya pada lulusan tahun berikutnya, Presiden RI akan digantikan dengan presiden baru yang terpilih pada Pilpres 9 Juli mendatang.

Komandan Jendral (Danjen) Akademi TNI, Marsekal Muda TNI Bambang Samudro mengatakan, selain melantik Presiden SBY juga akan menjadi Inspektur Upacara (irup) kelulusan perwira. Danjen menambahkan, Parspa 2014 akan menjadi momen penting Presiden karena menyangkut tugas terakhirnya dalam melantik Perwira.

"Presiden sudah ke sini, sekarang sedang acara di Magelang dan besok akan ke sini untuk melantik," ujarnya, Rabu (25/6/2014).

Angka kelulusan Akademi Angkatan pada tahun ini terbilang cukup tinggi. Pada Akademi Angkatan Udara (AAU) tingkat kelulusan mencapai 98,8 %. Sedangkan dari Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat kelulusan mencapai 98,6 %, dan Akademi Angkatan Militer, (Akmil) angka kelulusan mencapai 96,3 %.

Danjen menjelaskan pada Parspa 2014, Akademi Angkatan meluluskan perwira AAU sebanyak 105, AAL 99, dan Akmil sebanyak 249. "Dan untuk tahun Akademi Polisi tidak disertakan dalam pelantikan besok. Karena kelulusan Akademi Polisi baru ada kelulusan pada tahun depan," jelas Danjen.

Dalam Parspa 2014 juga dipilih perwira berprestasi dari masing Angkatan. Ketiga perwira tersebut akan mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa yang akan dianugerahkan langsung oleh Presiden SBY. (war)

Redaktur: Rudi F


 



Terpopuler


Baca Juga