Jumat, 01/08/2014 20:24 WIB | Dibaca: 3017 kali

Mobil Wisatawan Terbakar, Jalan Wonosari Macet Belasan Kilo Meter


Kemacetan di Jalam Wonosari akibat mobil terbakar. Foto:istimewa/kontributor

BANTUL - Lalu lintas di ruas jalan Yogyakarta-Wonosari Gunungkidul sempat mengalami kemacetan total selama hampir satu jam lebih, Jumat (01/08/2014) siang.

Selain karena padatnya arus mudik H+3 lebaran ini, kemacetan parah tersebut disebabkan terjadinya kecelakaan tunggal, tepatnya di KM17, tikungan Bokong Semar, Dusun Tambalan, Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, Bantul yang menanjak dan relative sempit.

Mobil Grand Max dengan nomor polisi AD 8534 BV yang dikemudikan Agus Haryanto (35) warga Mejing, Candimulyo, Magelang, terbakar, sekitar pukul 10.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun mobil yang semula berpenumpang 10 orang tersebut tinggal kerangka.

Diduga, mobil mengalami korsleting pada instalasi listriknya, atau masalah pada pengapian.

Menurut Agus, sebelum kejadian dia dan keluarganya hendak berwisata ke Gunungkidul. Saat sampai di tempat kejadian, mobil tidak kuat menanjak dan tiba-tiba mengeluarkan asap dari kabin mesin.

"Alhamdulillah kami semua selamat, karena panik api tiba-tiba membesar, kami semua keluar," ujar Agus kepada wartawan.

Meskipun Agus telah menarik hand rem, namun mobil berjalan mundur dan melintang di tengah jalan dalam kondisi terbakar, sehingga para pengemudi yang melihat kejadian tersebut berhenti dari jarak yang cukup jauh, karena takut mobil meledak.

Hal itu menyebabkan arus dari kedua arah mengalami kemacetan total.

Sementara, Kanit Laka Polres Bantul Ipda Budi Haryanto memprediksi akibat kecelakaan tersebut kemacetan dari arah Gunungkidul mencapai 5 km, dari arah Sleman dari Gandu, Berbah Kabupaten Sleman hingga jembatan Kalipentung, Patuk sekitar 5 KM, dan dari arah Yogyakarta mencapai belasan kilometer, sejak sebelum pasar Piyungan.

Kemacetan dapat terurai lebih dari satu jam setelah mobil yang terbakar diderek.

Mobil dapat dipadamkan dalam waktu 45 menit dengan bantuan mobil droping air yang terjebak macet. Mobil pemadam kebakaran tak dapat menjangkau lokasi karena terkendala kemacetan.

Terkait penyebab kebakaran mobil? Budi menegaskan hal itu belum bisa dipastikan dan masih dalam penyelidikan. (now/kontributor)

Redaktur: Rudi F

 

Berita Terkait

 





Baca Juga