Hari Pertama Paska Libur Lebaran, Masih Ada PNS Pemkot Jogja yang Belum Pulang Mudik


Suasana layanan masyarakat Pemkot Jogja hari pertama kerja paska libur lebaran. Foto:Baharuddin

YOGYAKARTA - Forum Pemantau Independen (Forpi) Pakta Integritas Kota Yogyakarta, hari ini Senin (04/08/2014) pagi melakukan pemantauan terhadap tingkat kedisiplinan atau kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Kota Yogyakarta di hari pertama masuk kerja, paska libur lebaran.

"Pemantauan Forpi Kota Yogyakarta ini dimaksudkan untuk melihat sejauhmana tingkat kedisiplinan atau kehadiran pada PNS dlingkungan Pemkot Yogyakarta serta pelayanan publik di hari pertama masuk kerja ini, terganggu atau tidak," kata Koordinator Forpi Kota Yogyakarta, Winarta kepada wartawan saat ditemui disela-sela pantauan di komplek Balai Kota Yogyakarta.

Adapun dinas atau SKPD yang dipantau oleh Forpi Kota Yogyakarta sebagai sample adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kimpraswil dan Dinas Perizinan.

"Dari pantauan kami tadi di Dinas Kimpraswil dari Seksi Saluran Air Limbah kami temukan didaftar hadir yang ditulis manual sudah tertulis jadwal pulang, padahal seharusnya itu tidak boleh," sambung Winarta.

Sementara di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Yogyakarta, Forpi Kota Yogyakarta mendapatkan informasi bahwa ada 4 staf yang tidak hadir dengan disertai keterangan cuti karena ada yang mudik lebaran di luar pulau jawa.

"Masing-masing dua staf masih cuti berasal dari kecamatan dan duanya lagi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, tapi saya pastikan yang masih cuti bukan petugas-petugas yang biasanya melayani masyarakat," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catata Sipil Kota Yogyakarta, Sisruwadi.

"Secara keseluruhan tingkat kedisiplinan para PNS di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta dihari pertama, sudah cukup baik karena informasi yang disampaikan oleh inspektorat dari sekian ribu lebih PNS Kota Yogyakarta, hanya satu PNS yang tidak masuk tanpa keterangan," ujar Anggota Forpi Kota Yogyakarta pemantauan bidang disiplin PNS Kota Yogyakarta, Sutaryo.

"Hasil pemantauan ini, akan Forpi Kota Yogyakarta sampaikan kepada Walikota dan Inspektorat termasuk tadi kami sempat melihat ada beberapa PNS yang berada di kantin saat jam kerja, ini juga menjadi catatan Forpi Kota Yogyakarta," terang Harry Cahya anggota Forpi Kota Yogyakarta yang juga ikut melakukan pemantauan disiplin PNS di hari pertama masuk kerja. (bhr)

Redaktur: Rudi F

 

Berita Terkait

 



Terpopuler


Baca Juga