Sabtu, 09/08/2014 10:13 WIB | Dibaca: 1468 kali

Taman Pintar Gelar Kontes Roket Air


doc/sttnas.ac.id

YOGYAKARTA - Taman Pintar Yogyakarta hari ini, Sabtu (09/08/2014) kembali menggelar Kontes Roket Air tingkat SMP, SMA dan SMK sederajat sewilayah DIY - Jawa Tengah.

Kontes yang dibuka secara resmi oleh Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti tersebut berlangsung mulai puku 08.00 WIB, di Lapangan Stadion Kridosono, Kotabaru, Yogyakarta, dengan diikuti peserta sebanyak 150 tim, dimana 1 tim terdiri dari 1 orang guru dan 1 orang murid.

Selain dari Kota Yogyakarta, peserta juga datang dari Prambanan, Karanganyar, Magelang, Kebumen, Gombong dan Cilacap.

Menurut Humas Taman Pintar, Aviani Rosdiana, M.Pd, Kontes Roket Air adalah kompetisi yang merupakan agenda kegiatan tahunan Taman Pintar.

"Untuk peserta kalangan pelajar ini telah terselenggara sebanyak 6 kali dan bertujuan untuk memperkenalkan teknologi kedirgantaraan, khususnya teknologi roket, di kalangan generasi muda Indonesia," tuturnya melalui siaran pers kepada jogjakartanews.com.

Dijelaskan Aviani, roket air merupakan roket yang dibuat dari botol plastik, diluncurkan menggunakan piranti launcher hingga mencapai jarak puluhan meter. Air yang menyemprot dari bagian ekor seperti asap membuat penampilannya menyerupai roket sebenarnya.

"Dalam kontes ini, piranti launcher berperan membantu roket air untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan," katanya di sela-sela kontes.

Lebih lanjut dia menjelaskan, rangkaian kegiatan dimulai dengan Workshop dan Pelatihan Pembuatan Roket Air yang berlangsung pada Selasa, 17 Juni 2014 di Exhibition Hall, Gedung Kotak Lantai 1 Taman Pintar Yogyakarta. Narasumber workshop berasal dari STTNas.

"Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 140 orang guru dan murid ini merupakan media untuk sosialisasi regulasi lomba kepada para guru, sekaligus ajang pembelajaran dasar-dasar pembuatan roket air bagi para peserta," katanya. (pr)

Redaktur: Rudi F

 

Berita Terkait

 





Baca Juga