Ledakan di PLTU Cirebon Tidak Menimbulkan Korban Jiwa dan Kerusakan Besar


doc.jogjakartanews.com

CIREBON - Ledakan besar yang mengagetkan warga di Desa Kanci Kulon, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (26/09/2014), sekitar pukul 13.15 WIB, dipastikan tidak menimbulkan korban jiwa.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Martinus Sitompul, mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara, ledakan berasal dari saluran uap panas boiler yang disalurkan melalui pipa bertekanan tinggi pecah. Selain itu, kata dia, meski bunyi ledakannya cukup keras, bahkan terdengar hingga radius 1 Km, namun menurut keterangan pihak PLTU, tidak ada kerusakan major (besar,red) selain pada pipa.

Dari informasi yang diperoleh kepolisian, kerusakan hanya terjadi di sekitar boiler berupa pecahan kaca, awning penutup sobek, besi-besi penyangga melengkung, dan endapan air laut yang dipanaskan berserakan.

“Tidak ada korban jiwa,”terang Martin kepada wartawan.

Dikabarkan, pasca kejadian, pihak PLTU menyampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya kepada warga Cirebon, khususnya di Kanci atas keributan yang diakibatkan suara ledakan tersebut.

Sekadar informasi, pasca ledakan warga berdatangan ke lokasi untuk melihat kejadian dan mengetahui nasib saudara mereka yang bekerja di lingkungan PLTU. Pihak PLTu sempat mengizinkan perwakilan warga untuk masuk dan menemui pihak PLTU.

Hingga berita ini diturunkan, akar permasalahan pecahnya pipa masih dalam investigasi pihak PLTU. (sam)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga