Senin, 23/03/2015 21:44 WIB | Dibaca: 1320 kali

Freeport dan Newmont Masih Berkuasa, EWI Tagih Janji Jokowi


doc.

JAKARTA - Entah apa yang ada dalam benak pemerintah ini sekarang, sepertinya masalah bangsa makin hari makin bertambah dan bukannya terselesaikan. jati diri bangsa seperti sudah hilang dan kemerdekaan bangsa 70 tahun silam kini semakin semu. Sebab apa yang disampaikan oleh pendiri bangsa Presiden Soekarno bahwa penjajahan baru dalam bentuk ekonomi akan menjajah bangsa Indonesia kini terbukti. Demikian tulis Pengamat Energy Watch Indonesia, Ferdinand Hutahea mengawali rilis kepada jogjakartanews.com

“Penjajahan secara ekonomi yang dilakukan oleh kapitalis asing dapat kita lihat sekarang ketika Freeport bikin repot dan Newmont bikin bengong. Perpanjangan ijin ekspor yg terus menerus diberikan oleh pemerintah kepada Freeport dan Newmont adalah bukti sah penjajahan ekonomi oleh nekolim yang harus dilawan,” lanjut Ferdinand.

“Penjajahan ini tidak boleh dibiarkan berlangsung terus menurus. Papua dan Nusa Tenggara Barat dengan jumlah penduduk miskin yang masih tinggi adalah wujud dari exploitasi tidak berperikemanusiaan yang dilakukan oleh Freeport dan Newmont, 2 perusahaan asing yang menjadi penjajah ekonomi kita dan sayangnya didukung oleh pejabat Negara,” kritik Ferdinand

Karena itu,Ferdinand berharap kepada presiden Joko Widodo agar segera mewujudkan janjinya terkait Trisakti  bung Karno. Bangsa ini menurutnya, butuh figur-figur Soekarnois sejati untuk bisa melawan penjajahan ekonomi yang terus memiskinkan rakyat.

Lebih keras Ferdinand mengatakan jika ke dua perusahaan tersebut tidak dapat memberi manfa’at kepada kesejahteraan bangsa, sebaiknya meninggalkan Indonesia. “Biarkan kami mengolah sendiri hasil bumi kami,” kritiknya. (pr)

Redaktur: Herman Wahyudi


 





Baca Juga