Jumat, 08/05/2015 20:12 WIB | Dibaca: 600 kali

Sultan Sebut Sabdaraja Masalah Internal Kraton


Sri Sultan HB X

YOGYAKARTA - Sri Sultan HB X akhirnya memberikan tanggapan resmi terkait isi Sabdaja di Ndalem Wironegaran, Jum'at (08/05/2015). Hal itu guna meluruskan polemik yang terjadi pasca Sultan mengeluarkan Sabdaraja pada beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Sultan menegaskan dirinya terbuka atas segala perbedaan yang muncul apalagi perbedaan tersebut dayang dari 'Rayi Dalem' (adik-adik Sultan). Namun ia menggarisbawahi bahwa sebenarnya Sabdaraja adalah masalah internal Kraton, dan dirinya terbuka terhadap segala perbedaan yang terjadi dan membuka komunikasi dengan adik-adiknya.

"Bagaimanapun ini masalah internal kraton dan yang berbeda pendapat adalah adik-adik saya sendiri. Saya sudah membuka pintu komunikasi, saya undang mereka tapi tidak datang sampai dua kali. Bahkan tadi malam dengan dimediasi oleh adik-adiknya saya dari Jakarta, saya sudah menjelaskan (Sabdaraja)," tegas Sultan.

Karenanya, Gurbernur DIY itu juga meminta sebagai orang Jawa penyelesaian polemik terkait Sabdaraja agar bisa diselesaikan dengan pikiran dan hati yang jernih. Sehingga tidak terkontaminasi dengan hal-hal yang berbau kepentingan, nafsu dan penafsiran-penafsiran yang menyimpang. (Ning)

Redaktur: Rizal


 





Baca Juga