Rabu, 20/05/2015 22:45 WIB | Dibaca: 2629 kali

Resep Transformasi PT KAI Dibukukan


Cover Buku KAI RECIPE. Foto: doc/istimewa

YOGYAKARTA –  Pengungkapan hasil kajian tentang keberhasilan perbaikan suatu badan usaha milik Negara (BUMN), terutama PT. Kereta Api (PTKAI), selama ini hanya diketahui publik dalam informasi yang terbatas. Sebagai upaya memberikan informasi yang lebih lengkap, Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (LM FEUI) meluncurkan  Buku KAI RECIPE, atau resep Kereta Api Indonesia.

Menurut Kepala Lembaga Management FEB UI, DR. Toto Pranoto, PTKAI sebagai BUMN mengemban dua tugas yang terkesan kontradiktif, yaitu  melayani masyarakat di bidang transportasi dengan kualitas layanan terbaik dan harga yang terjangkau namun juga dituntut dapat menghasilkan keuntungan sebagai suatu badan usaha yang sehat. Hal itu, kata Toto, meniscayakan PTKAI selalu berinovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

“Itu salah satu yang mendorong diterbitkannya buku ini. Bab demi bab buku KAI RECIPE  mennyajikan aspek-aspek pengelolaan kereta api, permasalahan dan kiat-kiat perbaikan-perbaikannya secara menyeluruh (transformasi),” ungkapnya dalam bedah buku di Toko Buku Gramedia, Jl. Sudirman, Yogyakarta, Rabu (20/05/2015).

”Transformasi akan terus berjalan karena dunia akan terus berubah tanpa henti”, demikian Jonan selalu mengingatkan pentingnya untuk melanjutkan upaya perbaikan perusahaan secara berkelanjutan.

Dikatakan Toto, harus diakui buku yang lebih mirip studi kasus seperti ini, sangat jarang diterbitkan di Indonesia. Para penulis dan akademisi peneliti selalu terbentur kepada prinsip-prinsip kerahasian dari perusahaan yang menjadi target untuk ditelaah.

“Beruntung, PT Kereta Api Indonesia membuka diri terhadap kajian dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh kalangan luas termasuk perusahaan-perusahaan  (BUMN) di Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Toto, LM FEUI sebagai lembaga yang didukung dengan pengalaman lebih dari 50 tahun ini, bertekad untuk melanjutkan penerbitan-penerbitan buku semacam ini. Selain itu, kata dia, LM FEUI juga selalu bersedia menyediakan jasa konsultasi untuk pembangunan dan khususnya perbaikan perusahaan-perusahaan di Indonesia.

“Terutama untuk menghadapi perdagangan bebas dunia dan ASEAN,” tukasnya.

Sekadar informasi,  buku KAI RECIPE  sebelumnya telah dilaunching perdana pada Selasa, (17/03/ 2015) di Gedung Pertemuan FEB UI  di kampus Salemba (Gd.MAKSI UI). Hadir dalam acara tersebut Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan, para petinggi BUMN di bidang perhubungan dan jajaran pimpinan Universitas Indonesia. (sam)

Redaktur: Rizal


 





Baca Juga