Bikin Ayam Serundeng Enak? Ini Resep Spesial dari Lesehan "Ayam Beb" Yogyakarta


Ayam Serundeng

YOGYAKARTA - Bagi anda yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan masak-masak enak di dapur tapi bingung dengan menu dan resepnya. Yuk, bikin ayam serundeng enak ala Lesehan "Ayam Beb" Spesial Serundeng yang kini digemari di Yogyakarta. Mumpung sang Koki "Ayam Beb", M. Ilyas bagi-bagi tips buat Jogjakartanews.com. Lalu, bahan-bahan apa saja yang mesti disiapkan?

Ternayata simpel, anda cuma perlu menyiapkan bahan-bahan bumbu dasar seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, lada, ketumbar, kemiri, jahe dan juga kelapa parut. Ups, jangan lupa siapkan ayam potong juga setidaknya 1 kg dan minyak juga 1 kg. Hmm, seperti apa ya rasanya? jangan cuma dibayangkan, langsung masak aja deh.

"Pertama-tama bumbunya disiapin, boleh diulek boleh diblender sesuai keinginan. Kecuali lengkuas jangan diblender tapi diparut. Untuk takaran bawang putih, bawang merah dan kunyit banyaknya disamaratakan. Jika bawang putih setengah gelas, bawang merah dan kunyit juga segitu. Setelahnya campurkan ketumbar, lada dan kemiri secukupnya. Lalu ditumis," kata Koki Ilyas memberi tips.

Selama dioseng, jika diperlukan campur daun salam secukupnya, dioseng, lalu tuangkan air sesuai banyaknya ayam. Sembari menunggu air mendidih masukkan garam dan mecin secukupnya, juga gula merah, aduk hingga merata dan mendidih. Baru setelah itu ayam dimasukkan dan diamkan selama satu jam.

"Di 30 menit pertama jangan lupa ayam dibalik supaya bumbu merata. Nah, sembari menunggu, parut lengkuas secara manual, banyaknya kira-kira seperempatnya kelapa parut lalu campurkan dengan kelapa parut yang sudah tersedia." jelas Chef.

60 menit selesai, masukkan campuran kelapa parut dan lengkuas, aduk pelan-pelan hingga merata. Tunggu 15 menit, ayam serundeng siap digoreng. Bagaimana menggorengnya?

"Supaya tekstur serundeng lebih menarik dan bagus, serundeng digoreng lebih dulu hingga warnanya kecoklatan. Jangan lupa menggunakan saringan super halus untuk menyaring serundeng yang sudah digoreng. Baru setelah itu ayam digoreng sesuai selera, mau kering atau standar. Ayam goreng serundeng ala Lesehan "Ayam Beb" segera dihidangkan.

Untuk anda yang tertarik dengan rasa asli dari Ayam Serundeng racikan koki Lesehan "Ayam Beb" ada baiknya datang langsung ke Jl Kusuma, Gendeng Yogyakarta (Laundry Zone Timoho ke barat 100 Km). Jangan lupa catat, Lesehan "Ayam Beb" buka dari hari Kamis hingga Selasa mulai pukul 18:00 hingga 23:00 Wib. (Ning)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga