Rabu, 02/09/2015 20:30 WIB | Dibaca: 2323 kali

Taruna AAL Ikuti Inaugural Exchange Program di Australia


Foto: doc/penremaal

SURABAYA - Sebanyak lima Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Rabu (02/09/2015) berangkat ke Australia untuk mengikuti Inaugural Exchange Program antara Taruna AAL dengan Cadets Royal Australian Navy di Australian Defence Force Academy Sidney dan HMAS Crosswell di Melbourne, Australia.

Kegiatan tersebut, sebagaimana disampaikan Kabag Penrem, Drs. Abdul Kadir AAL Bumimoro dalam rilis kepada Jogjakartanews.com akan berlangsung selama satu minggu yang akan dimulai tanggal 6 s.d. 13 September 2015. Sejumlah taruna tersebut masing-masing Sermatutar (P) Andaru Dhimas, Sermatutar (P) Kurniawan Satria, Sermatutar (P) Damartama, Sermatutar (S) Adian Hidayatullah, dan Sermatutar (M) Gilang Aditya serta didampingi pengasuh Mayor Laut (P) Dedi Gunawan W yang sehari-harinya menjabat Komandan KAL Taruna yang merupakan salah satu kapal latih taruna AAL.
 
"Keikutsertaan Taruna AAL dalam kegiatan di Australia tersebut merupakan implementasi dari saran Delegasi Royal Australian Navy (RAN) pada acara Navy to Navy Talks 2014 di Canberra, Australia untuk mengembangkan pertukaran Taruna AAL dengan Taruna Australian Defence Force Academy serta mendapat dukungan kuat dari Delegasi TNI AL. Saran dimaksud berisi bahwa persahabatan angkatan laut kedua negara harus dimulai sedini mungkin dan didukung pada setiap kesempatan, di antaranya sejak masih taruna," terang Abdul Kadir dalam rilisnya.

Selama ini, kegiatan Navy to Navy Talks membahas berbagai macam materi, di antaranya tentang latihan bersama, program pertukaran perwira, bahkan aspek strategis regional seperti simposium keamanan maritim. Sedangkan Taruna AAL yang baru pertama kali ikut dalam kegiatan ini akan mendiskusikan berbagai hal yang bersifat umum tentang pendidikan perwira tingkat akademi kedua negara.

"Dengan keikutsertaan Taruna AAL pada kegiatan Exchange Program tersebut, akan semakin memperluas wawasan dan hubungan dengan akademi angkatan laut negara lain serta mempertegas pencapaian AAL kelas dunia atau World Class Navy Academy," tutup Abdul Kadir. (pr)

Redaktur: Aristianto Z.


 





Baca Juga