Ini Solusi UGM Berbagi Agar Anak-anak Korban Bencana Asap Bisa Tetap Belajar


ilustrasi. Doc/jogjakartanews.com

YOGYAKARTA –  Asap yang masih menyelimuti lingkungan di beberapa provinsi terdampak bencana kebakaran hutan, juga berimbas kepada terhambatnya proses pendidikan anak-anak. Proses belajar mengajar di sekolah tidak bisa berjalan lancar. 

Prihatin dengan kondisi tersebut beberapa dosen, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta  berinisiatif untuk membuat program UGM berbagi dengan menciptakan video pendidikan yang bisa diunduh secara gratis untuk belajar anak-anak dari SD, SMP, dan SMA.

Salah satu inisiator program, Dr. Muhammad Ali Imron, S.Hut., M.Sc, mengatakan sumber pembelajaran yang tidak memadai ketika para pelajar terdampak bencana asap belajar di rumah, akan berpengaruh kepada prestasi siswa, terlebih saat ini menjelang ujian nasional.

 “Harapannya kami bisa membantu anak-anak yang terkena dampak kabut asap. Walaupun hanya setengah semester mereka kehilangan waktu yang berharga untuk belajar,”kata dosen Fakultas Kehutanan itu.

Dijelaskan Ali Imran, video yang dibuat berdurasi sekitar 10 menit. Saat ini video masih difokuskan untuk anak-anak kelas kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan Matematika.

“Namun, tidak menutup kemungkinan akan disiapkan pula video untuk mata pelajaran di kelas lain yang siap diunduh,” ungkap Ali Imron dikutip dari pers rilis Humas UGM, Rabu (21/10/2015)

Menurut Ali Imran, timnya akan berkoordinasi  dengan KAGAMA dan Kepala Dinas terkait di provinsi terdampak bencana asap, untuk menyebarkan informasi  adanya program UGM Berbagi. Selain itu, pihaknya juga akan menggandeng TV lokal agar bisa menayangkan video tersebut.

Sementara terkait kemungkinan munculnya pertanyaan yang datang dari para siswa tim telah menyiapkan alamat email khusus.

“Email khusus itu akan dikelola secara bersama untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang datang dari siswa,” pungkasnya.

Sekadar informasi, program UGM Berbagi terselenggara atas kerja sama antara Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP), Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa), dan Pusat Inovasi dan Kebijakan Akademik (PIKA). Mahasiswa UGM yang berminat untuk bergabung dengan UGM Berbagi bisa mengunjungi laman http://ugm.id/ugmberbagi . (pr/kt1)

Redaktur: Rizal


 





Baca Juga