Ini Pesan Sri Sultan Untuk Tiga Kepala Daerah Kabupaten yang Baru Dilantik


Pelantikan tiga Kepala Daerah Kabupaten oleh Sri Sultan HB X. Foto: doc.ist

YOGYAKARTA  – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X) melantik dan mengambil sumpah Tiga pasang Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada Serentak 9 Desember 2015 yang lalu di Bangsal Kepatihan, kompleks kantor Gubernur DIY, Rabu (17/02/2016).

Ketiga pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik adalah Bupati dan Wabup Gunungkidul, Hj, Badingah, SSos. dan Dr. Drs. Immawan Wahyudi,  Bupati dan Wabup Sleman Drs. H Sri Purnomo - Dra. Sri Muslimatun, MKes, dan  Bupati dan Wabup Bantul Drs. H Suharsono dan H Abdul Halim Muslih.

Dalam sambutannya Gubernur DIY, Sri Sultan menghimbau kepada para pimpinan daerah kabupaten yang  baru agar dalam periode 2016 – 2021 nanti hendaknya bisa menjaga kelancaran dan kesinambungan program-program pembangunan dengan meningkatkan pelayanan publik dan pembenahan good governance dengan koordinasi dan sinergi bersama Pemda DIY. 

Khusus untuk Kabupaten Gunungkidul dan Bantul berbatasan dengan Laut Selatan, Sri Sultan berharap agar bisa memanfaatkan potensi pesisir dan kelautan yang dimilikinya untuk meningkatkan budaya cinta laut bagi para penduduknya.

“Sehingga budaya”dagang layar” bisa merasuk menjadi budaya kerja dinamis bagi aparat maupun masyarakat,” tutur Sri Sultan.

Sri Sultan juga mengamanatkan agar Bupati dan Wakil Bupati agar merealisasikan janji-janji kampanyenya.

“Bupati dan wakil harus cerdik mengatur skala prioritas, sehingga program-program yang dijanjikan pada arena kampanye lalu dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tandasnya.

Sekadar informasi, pelantikan dan pengambilan sumpah ketiga kepala daerah Kabupaten tersebut berdasar pada pasal 164 UU nomor 8 Tahun 2015 tentang pilkada, bahwa Bupati dan Walikota dilantik oleh Gubernur di Ibukota Provinsi.

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPR dan MPR RI, DPD RI, Anggota Forkorpimda, Sekda DIY serta para tamu undangan.  Selain itu upacara pelantikan dan pengambilan sumpah juga dihadiri pejabat sementara Bupati selama enam bulan jelang Pilkada, yaitu  Drs. Sigit Sapto Raharjo, MM di Kabupaten Bantul, Ir. Budi Antono, MSi di Kabupaten Gunungkidul dan Ir. Gatot Saptadi di Kabupaten Sleman.

Selain itu usai pelantikan tiga kepala daerah kabupaten yang baru, dilangsungkan  pelantikan tiga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten yang baru periode 2016-2021, di Gedung Pracimasono, Kepatihan. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Tim Penggerak PKK DIY GKR Hemas dengan disaksikan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan Bupati ke 3 Kabupaten.

Tiga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten yang dilantik adalah  Erna Suharso untuk Kabupaten  Bantul, Zulfiyanti Immawan Wahyudi untuk Kabupaten Gunungkidul, dan  Kustini Sri Purnomo untuk Kabupaten Sleman. (pr*/hms)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga