Rabu, 23/03/2016 21:39 WIB | Dibaca: 1495 kali

Tingkatkan Kenyamanan Jogja, Jaga Warga Setiap Kelurahan Dibentuk


Pembentukan Jaga Warga di Kantor Wali Kota Yogyakarta. Foto: Agung

YOGYAKARTA-Guna meningkatkan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di Kota Yogyakarta, Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang Kota) Yogyakarta, membentuk Kelompok Jaga Warga dua kecamatan Kota Gede dan Gedong Tengen, Rabu (23/03/2016) siang.

Menurut Kepala Kesbang Kota Yogyakarta, Sukamto, pembentukan jaga warga merupakan tindak lanjut dari Peraturan Gubernur (Pergub) DIY No. 9 Tahun 2015 tentang Jaga Warga. Pembentukan jaga warga di setiap Kelurahan di Kota Yogyakarta, kata Sukamto, akan ditarget selesai pada April mendatang.

"Menurut Pergub, pada perinsipnya  jaga warga dibentuk untuk menjaga keamanan, kenyamanan, kondisivitas, dan peningkatan  kesejahteraan masyarakat, dengan pedomnan kearifan lokal. Jaga warga ini terdiri dari unsur tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.  Kami targetkan April mendatang, jaga warga di semua kelurahan sudah terbentuk dan dikukuhkan," kata Sukamto, di sela-sela acara koordinasi Jaga Warga.

Sukamto menjelaskan, hingga saat ini, untuk Kota Yogyakarta, Jaga Warga sudah dibentuk di beberapa, kelurahan di lima kecamatan. Diantaranya di Kelurahan Pekuncen dan Patangpuluhan Kecamatan  Wirobrajan.  Kemudian Kelurahan Gunungketur dan Purwokinanti, Kecamatan Pakualaman. Selanjutnya, Kelurahan Sorosutan Kecamatan Umbul Harjo. 

Pembentukan Jaga Warga dua kecamatan hari ini diawali dengan koordinasi penanganan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Yogyakarta, di Gedung Bimo Lantai 3 Kompleks kantor Wali Kota Yogyakarta. Dalam koordinasi bertajuk  ‘dengan jaga warga kita tingkatkan kondisifitas wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat’  tersebut, dihadirkan dua nara sumber. Dari Kepolisian, yaitu Kapolsek Wirobrajan, Komisaris Polisi (Kom.Pol)  Widya Mustika Ningrum dan Praktisi Hukum sekaligus Akademisi dari Universitas Widya Mataram (UWMY), Hartanto, SH. M.Hum.

Dalam kesempatan tersebut, Kom.Pol Widya menyampaikan materi membangun nilai-nilai nasionalisme dalam mewujudkan keamanan masyarakat di wilayah. Sedangkan Hartanto memaparkan materi mewujudkan keamanan masyarakat di wilayah.  (kt1)

Redaktur: Agung

 

 

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga