Selasa, 23/08/2016 20:15 WIB | Dibaca: 682 kali

Pangdam IV/Diponegoro Tinjau Latihan Posko I Korem 072/Pmk


Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Jaswandi. meninjau Latihan Posko 1 Korem 072/Pmk. Foto: doc/penrem

YOGYAKARTA – Potensi bencana alam di wilayah Jateng-DIY menjadi perhatian khusus Kodam IV/Diponegoro. Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Jaswandi. meninjau Latihan Posko 1 Korem 072/Pamungkas, Selasa (23/08/2016)

Menurut Pangdam IV/Diponegoro tujuan dilaksanakan Latihan Posko 1 Korem sebagai upaya memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi, serta melatih kesiapan personel dalam melaksanakan tugas.

"Terutama untuk membantu pemerintah  daerah dan berperan aktif dalam membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam erupsi Gunung Merapi," tutur Pangdam saat yang dalam kinjungannya didampingi Asintel Kasdam IV/Diponegoro.

Dijelaskan Pangdam, digelarnya Latihan Posko-1 Korem 072/Pmk  bertemakan “Sahabat Alam Pamungkas” TA. 2016, merupakan wujud perhatian dan komitmen TNI AD untuk bersama-sama masyarakat dan pemerintah dalam penanggulangan bencana alam.

"Ini penting, sebab seperti kita ketahui bersama bahwa Wilayah Korem 072/Pmk kerap kali mengalami bencana alam, khususnya erupsi Gunung Merapi, karena Gunung Merapi terletak di wilayah Korem 072/Pmk," kata Pangdam yang Dalam kunjungannya disambut oleh Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Ida Bagus yang mewakili Danrem 072/Pmk.

Dengan dilaksanakannya latihan, Pangdam berharap personel Korem 072/Pmk semakin siap Melaksanakan Operasi penanggulangan bencana alam, terutama potensi Erupsi Gunung Merapi di Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Selain tujuan dan sasaran, pelatihan juga ingin mengembangkan tentang tugas - tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) khususnya perbantuan TNI kepada Pemda dalam penanggulangan bencana sesuai UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI," katanya.

Latihan  posko I ini dilaksanakan di Makorem 072/Pmk Jln. Reksobayan nomor 4 Yogyakarta selama 3 hari (22 s/d 24 Agustus 2016). Kegiatan melibatkan Pemda, Kepolisian, BPBD, Dinas Kesehatan, PMI. Damkar agar dalam pelaksanaannya dapat bersinergi dengan baik.(Pen/072).

Redaktur: Rudi F

 


 



Terpopuler


Baca Juga