Rabu, 18/10/2017 19:14 WIB | Dibaca: 333 kali

148 Relawan Donor Darah Terima Penghargaan PMI DIY


148 orang relawan donor darah mendapat penghargaan dari PMI DIY. Foto:ist

YOGYAKARTA – Sebanyak 148 orang relawan donor darah mendapat penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta. Penyerahan Penghargaan Sukarelawan Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta 2017 tersebut oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Rabu (18/10/2017). 

Ketua PMI DIY H. GBPH Prabukusumo. S.Psi mengatakan penghargaan untuk sukarelawan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) PMI yang ke – 72. Para sukarelawan yang menerima penghargaan adalah pendonor darah 75 kali sejumlah 32 orang, 50 kali sejumlah 97 orang, 5 orang pengurus anggota PMI aktif, 3 orang mantan pengurus PMI, 5 orang top sukarelawan dan 6 orang tenaga sukarelawan.

“Penghargaan yang diberikan ini diharapkan menumbuhkan semangat, komitmen dan pengabdian yang tinggi dalam setiap komponen, agar PMI dapat menjadi organisasi yang profesional, mandiri, berkarakter  dan dicintai oleh masyarakat,” tutur Gusti Prabu, Sapaan  GBPH Prabukusumo.

Gusti Prabu juga berpesan agar PMI harus terus meningkatkan dan mempererat kerjasama dengan mitra, pemangku kepentingan, lintas sektoral untuk bersama sama membangun dan memberikan yang terbaik untuk  masyarakat.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X  dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wagub mengatakan kegiatan donor darah sukarela yang menjadi agenda PMI DIY diharapkan dapat memberikan “angin segar” untuk memperkuat cadangan persediaan darah untuk masyarakat yang membutuhkan,

“Semoga juga bisa menggugah masyarakat lainnya untuk menyumbangkan darahnya, karena kegiatan ini telah mampu dan selalu siap menyediakan pelayanan PMI dengan cepat dan tepat,” tuturnya.

Wagub secara pribadi berharap agar seluruh jajaran PMI DIY yang merupakan salah satu ujung tombak dalam penanganan korban bencana alam, senantiasa meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, baik di tingkat pusat maupun daerah, serta terus meningkatkan kemampuan SDMnya

“PMI diharapkan selalu tanggap dan antisipasi diri dalam merespon korban bencana,” harapnya.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan MoU kerjasama antara PMI DIY dengan BPDB, Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI ), Radio antar Penduduk Indonesia (RAPI), dan Badan Sar Nasional (BASARNAS) DIY. (kt1)

Redaktur: Rudi F

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga