Tingkatkan Kompetensi Terapis Tradisional, Perpatri Gelar Pelatihan Khusus


Pelatihan khusus terapis tradisional Pengurus Pusat PERPATRI. Foto: Ranu

BANTUL –Pengurus Pusat Perkumpulan Terapis Tradisional Patah Tulang, Urat dan Sendi (PERPATRI) menggelar pelatihan khusus untuk pengurus di Kantor Pusat Perpatri, di Jl. Wates Km. 10.5 Griya Kencana Permai (GKP) Blok E2 No.6, Argorejo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (22/10/2017).

Ketua Umum Perpatri, Tomy M. Arief Aditama, SKG mengatakan, pelatihan khusus untuk pengurus bertujuan sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalitas pengobat tradisional. Menurutnya, materi pelatihan antara lain manajemen penanganan penderita (Pasien), Pengenalan Standar Operasional Prosedur (SOP) terapis Perpatri,  hingga managemen organisasi. Hadir sebagai pemateri utama, Ketua Dewan Pembina Perpatri, Lesgiono, Owner CV. Star Bio Oil yang pakar pengobatan tradisional spesialis patah tulang.

“Pelatihan sehari ini merupakan bagian dari agenda kerja Perpatri. Pelatihan ini penting karena pengobat atau terapis tradisional berbeda dengan medis, meski sama-sama bertujuan menyembuhkan pasien. Ada aturan-aturan khusus dari pemerintah, begitu juga dengan SOP-nya,” tutur Tomy yang alumni FKG UGM di sela-sela kegiatan.

Dikatakan Tomy, sebagai wadah organisasi para terapis yang berkomitmen menjadi mitra pemerintah, dalam hal ini Kementrian Kesehatan, Perpatri terus berupaya meningkatkan kompetensi dan profesionalitas anggotanya.

“Pelatihan semacam ini nantinya akan diselenggarakan juga di struktur kepengurusan Daerah dan Cabang di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Dewan Pembina Perpatri, Lesgiono memaparkan berbagai metode penanganan penderita patah tulang, gangguan urat dan sendi dari analisa, penanganan, hingga pola istirahat penderita yang ditangani.

“Meski bukan dokter atau para medis, namun terapis Perpatri harus bisa menjelaskan secara rasional dengan pengetahuan yang setidaknya setara medis kepada penderita yang ditangani. Semua itu bisa dipelajari, faktanya pengobatan tradisional patah tulang memang sudah ada sejak nenek moyang. Medis dan non medis pada dasarnya haya beda metode saja, yang terpenting tujuannya sama untuk menolong sesama,” tutur pencipta Star Bio Oil, minyak khusus untuk penderita patah tulang, urat, dan sendi. (kt1)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga