Selasa, 24/10/2017 17:47 WIB | Dibaca: 337 kali

Pengguna Setia Onthel Terima Penghargaan Pratisara Roda Panguripan


Wagub menyerahkan penghargaan untuk pengguna setia onthel. Foto: Ist

YOGYAKARTA –  Pengguna setia sepeda yang terhimpun dalam Jogja Republik Onthel menerima penghargaan Pratisara Roda Panguripan dari Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X di Gedung Pare Anom, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (24/10/2014) sore.

Ketua Jogja Republik Onthel, Muntowil mengatakan penganugerahan penghargaan tidak lepas dari kegiatan Jogja Republik Onthel yang telah dilaksanakan di Museum BentengVredeburg pada Minggu (22/10/2017) lalu.

Penghargaan tersebut, kata Muntowil, diberikan oleh Sri Paduka kepada dua anggota Jogja Republik Onthel, yaitu  Sapto  yang bekerja di Dinas Sosial DIY dan seorang abdi dalem Kraton Yogyakarta. Keduanya setia menggunakan sepeda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

“Kami berharap dengan adanya penghargaan ini bisa membuka kembali ruang bagi pengguna sepeda di Kota Yogyakarta. Bersepeda selain menyehatkan juga ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi,” ujarnya usai menerima penghargaan.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub DIY memberikan apresiasi atas kegiatan positif komunitas Jogja Republik Onthel yang telah dilaksanakan. Namun demikian, Sri Paduka berpesan agar ke depan pelaksanaan kegiatan  perlu diatur dan lebih berkoordinasi lagi agar lebih banyak yang mengikuti.

“Besepeda menjadi salah satu alternatif alat transportasi di DIY. Akan lebih baik jika penyebutan bagi komunitas diganti dengan Pedal sehingga segala jenis sepeda bisa masuk kedalamnya, karena kalau onthel kesannya hanya sepeda antik,” pesan Wagub DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X.

Sekadar informasi, Jogja Republik Onthel dideklarasikan di Museum Benteng Vredeburg (22/10/2017)yang lalu. Kegiatan bertemakan “Onthel Sahabat Museum, Museum Selalu Di Hati” selain  mempromosikan pariwisata kota Yogyakarta juga mengkampanyekan kembali gerakan bersepeda, beserta fasilitas pedukungnya. Kegiatan tersebut dihadiri berbagai komunitas, diantaranya paguyuban onthel djogjakarta (podjok) dan Komunitas SepedaTua Indonesia (KOSTI). (kt1)

Redaktur: Rudi F

Berita Terkait

 



Terpopuler


Baca Juga