Mobil Perpustakaan Keliling Canggih Program Words On Wheel Diluncurkan di Yogyakarta


Gubernur DIY saat peluncuran layanan library mobile kerjasama SIF. Foto: ist

YOGYAKARTA - Program Words On Wheel yang diantaranya menyediakan mobil perpustakan keliling canggih dengan buku lengkap, layanan internet dan fasilitas aneka multimedia diluncurlan di Grhatama Pustaka, Yogyakarta, Senin (13/11/2017). Program tersebut digagas Singapore International Foundation (SIF) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah DIY.

Acara launching (peluncuran) dihadiri Menteri Komunikasi dan Informasi Singapore, Dr. Yaacob Ibrahim dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dalam sambutatan pra launching, Yaacob Ibrahim mengatakan dengan Program Words On Wheel ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk gemar membaca.

“Mobil perpustakan keliling ini menyediakan buku yang lengkap, layanan internet dan fasilitas multimedia lainnya. mobil perpustakaan keliling ini akan mengunjungi sekolah-sekolah yang telah bekerjasama.  Kegiatan ini merupakan kerjasama SIF dan Pemerintah Daerah DIY yang akan berlangsung selama tiga tahun,” katanya dalam alih bahasa Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama  Sri Sultan Hamengku Buwono X menuturkan, layanan library mobile  membawa misi meningkatkan layanan bacaan literasi untuk masyarakat,

“Harapannya bisa lebih banyak diminati oleh masyarakat di seluruh pelosok Daerah Istiemewa Yogyakarta,” tutur Sri Sultan.

Dikatakan Sri Sultan, kegiatan ini ditujukan untuk pertukaran Lintas Budaya, guna mempererat persahabatan antara Negara Singapura dan Indonesia.

“Selain itu  juga sebagai wadah kerjasama antar relawan penduduk Singapura dan Yogyakarta, dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman,” imbuhnya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua SIF, Pimpinan Kabupaten dan Kota di DIY, Kepala BPAD DIY dan Kepala SKPD. Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Implementation Arrangement untuk Project Words On Wheels.(kt1)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga