Peringati HJK, Kodim Yogyakarta Bersih Kali dan Tanam Pohon untuk Antisipasi Bencana


Prajurit Kodim 0734/Yka karya bakti tanam pohon, peringati Hari Juang Kartika ke 72. Foto: doc/dim

YOGYAKARTA- Memperingati Hari Juang Kartika (HJK) ke 72 tahun 2017, Kodim 0734/ Yogyakarta melaksanakan karya bakti mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor, Minggu (03/12/2017) pagi.

Prajurit bersama mahasiswa dan masyarakat bergotong-royong membersihkan Kali (Sungai) Winongo dan menanam pohon di Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kelurahan Bener serta di kawasan Batas Lindung Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Menurut Komandan Kodim (Dandim) 0734/Yogyakarta, Letkol Inf Rudi Firmansyah, dengan sungai yang bersih, maka potensi banjir bisa dicegah. Sebab, kata Dandim 0734, akibat sampah yang ada di sungai aliran air terhambat, shingga jika debet air meningkat akibat hujan deras bisa menyebabkan banjir.

“Pada waktu lalu Yogyakarta diguyur hujan lebat dan mengakibatkan sebagian wilayah terkena banjir di beberapa wilayah . Selain banjir, di beberapa lokasi juga terjadi longsor mulai skala ringan hingga cukup parah. Hujan deras yang mengguyur kota Yogyakarta juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di sejumlah lokasi. Mudah-mudahan bencana ala mini bisa kita antisipasi Bersama dengan kegiatan ini,” tutur Dandim 0734.

Dikatakan Dandim 0734, selain membersihkan sungai, penenaman pohon lindung juga penting, mengingat pohon juga memiliki kemampuan menyerap air, menghasilkan oksigen, serta membuat tanah tidak rawan longsor.

Di sisi lain, Dandim juga berharap dengan adanya kegiatan Bersama dengan antar komponen masyarakat ini, akan semakin memupuk semangat gotong royong yang kini kian pudar.

“Selain itu juga untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara TNI dan komponen masyarakat lainnya. Dengan adanya keterpaduan dan kebersamaan antara TNI dan masyarakat dalam setiap kegiatan, diharapkan akan semakin memperkokoh kemanunggalan TNi dan Rakyat,” harap  Dandim.

Sekadar informasi, dalam  kegiatan karya bakti pasca bencana alam dan memperingati HJK 2017, Kodim 0734/Yka  menggandeng universitas Jamanadra, FKWA, Polsek Tegalrejo, Forkominka Tegalrejo, Linmas, KTB Bener, dan masyarakat Bener. (kt1)

Redaktur: Rudi F

 

 

 

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga