Tingkatkan Kesiap Siagaan Bencana, Prajurit Kodim Bantul Latihan Damkar


Prajurit Kodim 0729/Bantul Latihan Kesiap Siagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran. Foto: ist

BANTUL -  Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0729/Bantul melaksanakan kegiatan Latihan Kesiap Siagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran di Makodim 0729/Bantul, Selasa (23/01/2018). Kegiatan tersebut merupakan agenda Minggu Militer Bulan Januari,

Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul, Letkol Inf Yuswanto mengatakan Latihan pemadam kebakaran (Damkar) merupakan bentuk dari fungsi maupun tanggungjawab TNI khususnya Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) di wilayah Bantul,

“Dalam hal ini Kodim 0729/Bantul, harus selalu siap sedia dalam menanggulangi bencana alam di wilayah Bantul,” tuturnya di sela-sela kegiatan.

Menurut Dandim, latihan kesiap siagaan penanggulangan bencana selalu dilaksanakan jajarannya sesuai dengan kalender latihan satuan, agar para Prajurit selalu sigap dan tidak canggung dalam menanggulangi bencana alam.

"Kami selaku Satkowil di Kabupaten Bantul harus selalu sigap, siap sedia apabia terjadi bencana diwilayah Bantul, mengingat bahwa wilayah Bantul ini rawan bencana, mulai dari wilayah paling selatan adalah lautan, sungai diwilayah bantul merupakan pusat jalur aliran air menuju lautan, dan berbagai hutan dipegungan wilayah Imogiri, Dlingo dan Pajangan." kata Dandim.

Dandim menambahkan, Satuan Kewilayahan memang harus bersinergi dengan instansi pemerintah daerah dan kepolisian, agar dalam melindungi masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

“Karena TNI adalah dari Rakyat dan TNI adalah untuk Rakyat,” pungkasnya. (kt2)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga