Mantapkan Buka Prodi Farmasi, USAHID Jakarta Studi Banding ke UGM dan UAD


Tim studi banding pendirian Fakultas Farmasi USAHID Jakarta yang berkunjung ke UGM dan UAD Yogyakarta. Foto: Ja'faruddin. AS

YOGYAKARTA – Universitas Sahid (USAHID) Jakarta akan segera membuka Program Studi (Prodi) Farmasi. Sebagai langkah memantapkan pembukaan Prodi baru tersebut, pihak USAHID melakukan kunjungan studi banding ke Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Rabu (07/02/2018).

Empat akademisi dari USAHID yang ditugaskan sebagai delegasi studi banding yaitu Prof. Dr. Giyatmi, M.Si; Dr.Rahmawati; Ir. Zukrawardi, M.Si dan Intan Nurul Azmi, S.K.M., M.Si.

Menurut Prof. Giyatmi, dipilihnya UGM sebagai tempat studi banding, karena Fakultas Farmasi yang ada di UGM sudah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT),

“Fakultas Farmasi UGM sudah lama berdiri, sejak 1946. Fakultas Farmasi UGM adalah yang tertua di Indonesia. Selain itu, Fakultas Farmasi UGM memiliki 26 profesor dari 80 dosen yang ada, serta didukung sarana laboratorium yang lengkap,” katanya kepada jogjakartanews.com saat ditemui di sebuah rumah makan di Kawasan Jalan Timoho, Yogyakarta usai kunjungan dari UGM.

Sementara untuk UAD, kata Giyatmi, Prodi di Fakultas Farmasinya juga sudah terakreditasi A, khusunya untuk S1. UAD, kata dia, adalah universitas swasta yang memiliki Fakultas Farmasi dengan kurikulum, dosen, serta sarana laboratorium yang memadai,

“Sebelumnya kami juga sudah melakukan studi banding di Fakultas Farmasi UI (Universitas Indonesia Jakarta). Diharapkan dengan studi banding ini, kami mendapatkan gambaran terbaik terkait penyelenggaraan kurikulum dan dosen,” imbuhnya.

Dikatakan Prof. Giyatmi, persiapan pembukaan Prodi Farmasi di USAHID sudah 60 persen. Untuk Prodi pendukung, kata dia, di USAHID sudah ada Prodi Teknologi Pangan dan Prodi Gizi.

“Untuk program belajar, dosen, serta fasiltas laboratorium kami sudah mantap. Mudah-mudahan tahun 2018 ini dokumen penilaian (untuk mengajuan pendirian Prodi, red) sudah selesai, sehingga pada 2019 mendatang sudah dibuka Prodi Farmasi di USAHID,” harapnya.

Sekadar informasi, saat ini USAHID Jakarta sudah memiliki lima fakultas yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Pertanian, dan  Fakultas Teknik serta satu Program Pasca Sarjana. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

Berita Terkait

 





Baca Juga