Panglima TNI: Netralitas TNI dan POLRI dalam Pilkada Serentak 2018 Harga Mati


Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, makan malam bersama jajaran TNI-POLRI di Yogyakarta. Foto: ist

YOGYAKARTA - Saat ini soliditas antara TNI dan Polri harus tetap terjaga, sehingga menghasilkan sinergi dalam mewujudkan stabilitas nasional yang akan bisa dipertahankan sampai kapanpun, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dalam acara makan malam bersama personel TNI dan Polri di Aula Monumen Diponegoro (Mondip), Jl.HOS Cokroaminoto TR-III/430,Tegalrejo Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (19/03/2018) malam.

Panglima TNI menegaskan, personel TNI dan Polri semuanya bersatu dan bahu membahu demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Mari kita bangun soliditas di antara segenap prajurit TNI dan Polri.  Kita tidak akan bisa membangun sinergi dengan komponen bangsa lainnya, bila kita tidak mampu mewujudkan solidaritas diantara kita sendiri,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini institusi TNI dan Polri, dinilai sebagai institusi yang mendapatkan tingkat kepercayaan publik tertinggi.

“Mari sama-sama menjaga kepercayaan yang diberikan rakyat kepada kita (TNI dan Polri),” tegasnya.

Disisi lain, Panglima TNI mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) pada pertengahan tahun 2018 ini, Prajurit TNI agar mendukung Polri dalam mengamankan pesta demokrasi tersebut.  Disamping itu, personel TNI dan Polri harus mampu mengamankan serta menjaga integritas dan soliditas  kedua institusi dengan tetap menjaga Netralitas.

Dihadapan personel TNI dan Polri, Panglima TNI juga menekankan agar tidak ada prajurit TNI dan Polri termasuk Purnawirawan TNI-Polri dan keluarganya yang memanfaatkan satuan maupun fasilitas TNI-Polri, dalam mendukung pelaksanaan Pemilukada 2018 maupun Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Umum 2019.

“Semoga apa yang menjadi komitmen kita bersama, dapat terlaksana demi suksesnya pesta demokrasi. Netralitas TNI dan Polri adalah harga mati dan tidak bisa ditawar-tawar lagi, harus benar-benar kita hormati,” tegasnya.

Hadir dalam makan mlm tersebut pejabat Rombongan Panglima TNI, Pangdam IV/Dip, Kapolda DIY, Danrem 072/Pamungkas dan perwakilan Prajurit TNI dan Polri sewilayah Yogyakarta. (kt1)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga