Senin, 26/03/2018 13:45 WIB | Dibaca: 579 kali

Adik Presiden Soeharto, Probosutedjo Tutup Usia


Puluhan karangan bunga turut berduka cita sudah memenuhi jalan di sekitar kediaman Probosutedjo. Foto: ist

YOGYAKARTA – Pengusaha nasional Probosutedjo yang juga adik presiden kedua RI, HM. Soeharto, dikabarkan meninggal dunia dalam usianya yang kini 88 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana, Jakarta Senin (26/3/2018) pagi, sekira pukul 07.00 WIB.

Menurut Putri Probosutedjo, Rindang Sari Kurniawati, ayahnya dibawa ke RSCM Kencana sejak Kamis (22/03/2018). Saat itu, kata dia, kondisi ayahnya sudah tidak sadar. Menurut Rindang, almarhum ayahnya sudah menderita Kanker Tiroid, diperkirakan sudah 20 tahun lamanya,

“Saat dibawa ke RSCM sudah tidak sadar. Kami sudah mengikhlaskan beliau,” kata Wati saat dikonfirmasi wartawan di rumah duka, Jalan Diponegoro Nomor 20-22, Jakarta.

Wati yang anak keempat Probosutedjo meninformasikan, jenazah ayahnya rencananya disemayamkan di rumah duka, Jalan Diponegoro Nomor 20, Jakarta Pusat, hingga pukul 12.00. Jenazah akan diterbangkan ke Yogyakarta siang ini dan disemayamkan di Dalem Probosuteja, daerah Pasar Ngasem, Yogyakarta.

Berdasarkan kesepakan keluarga, kata Wari, rencananya jenazah Probosutedjo akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Dusun Somenggalan, Desa Kemusuk, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jenazah akan diberangkatkan dari rumah duka ke makam sekira pukul 15.30,

“Kepada masyarakat kami atas nama keluarga memohon agar almarhum bapak kami, Probosutedjo dimaafkan apabila semasa beliau hidup ada kesalahan,” pintanya.

Informasi yang diterima redaksi, sejumlah titik jalan di Kota Yogyakarta akan ditutup sementara untuk penyambutan jenazah probosutedjo dari Jakarta dan pemberangkatan jenazah ke pemakaman. Sejumlah titik tersebut antara lain, seputaran Jl. Pasar Ngasem (Kediaman Probosutedjo) hingga Alun-Alun Utara, Jl. Wachid Hasyim, THR, Titik Nol, dan Jl. KH. Ahmad Dahlan.

Rencananya, hari ini Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, Kabinet Gotong Royong, serta sejumlah pejabat nasional akan hadir melayat di Yogyakarta.

Di sisi lain, sudah nampak puluhan karangan bunga turut berbela sungkawa berdatangan dari sejumlah pejabat dan tokoh baik dari lokal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) maupun nasional. (kt4)

Redaktur: Rudi F

Berita Terkait

 





Baca Juga