Jadikan Ruang Aktualisasi, Mahasiswa Teknik Sipil UTY Bergabung dengan TMMD


Mahasiswa FTS UTY berkoordinasi dengan Satgas TMMD. Foto: Ist

YOGYAKARTA – Dukungan berbagai elemen masyarakat terhadap pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0734 Yogyakarta di Kelurahan Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta, terus mengalir. Kali ini dukungan datang dari Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil (FTS), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

Ketua Kelompok mahasiswa FTS UTY, Riyad mengatakan, sebagai mahasiswa dia dan rekan-rekannya juga memiliki peran untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi, yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat,

“Oleh karenanya kami ingin sekali membaur dengan TNI dan Masyarakat melalui program TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 0734/Yogyakarta yang sangat bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya, belum lama ini.

Dikatakan Riyad, kelompoknya sudah  berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) TMMD Reguler ke 101 tahun 2018 Sabtu (31/03/2018) yang lalu di Pos Komando Strategis (Poskotis) TMMD bersama Babinsa Pandean Serda Ari Fitrianto dan Koptu Marsudianto.

Riyad mengungkapkan, nantinya dia dan rekan-rekannya akan membantu berpartisipasi dalam kegiatan fisik pembuatan Talud bronjong Sungai Gajah Wong dan rehab rumah, dari mengangkat  material sampai dengan mencampur bahan material,

“Mahasiswa UTY yang terlibat membantu Satgas TMMD sebanyak 20 orang dengan jadwal pelaksanaannya nanti menyusul (belum ditetapkan). Nantinya kami akan bergabung  dengan masyarakat dan Satgas TMMD di lokasi baik pembuatan Talud maupun Rehab Rumah,” ungkapnya.

Riyad menambahkan, tahun yang lalu, UTY mengirimkan 40 orang untuk membantu pembangunan Talud di wilayah Koramil 13/Ngampilan dalam program TMMD Sengkuyung,

“Kami ucapkan terimakasih kepada Komandan Kodim yang sudah mengijinkan kami untuk ikut belajar dan menimba ilmu bidang sosial dan Teknik secara langsung di masyarakat,” ungkapnya.

Eri Wibowo salah satu mahasiswa FTS UTY menambahkan, TMMD yang dilakukan oleh Kodim 0734/Yogyakarta juga menjadi wahana praktik keahlian untuk berkreativitas dan aktualisasi diri serta membangun karakter peduli dengan persoalan masyarakat,

“Kegiatan fisik TMMD ini pada prinsipnya ikut juga melestarikan budaya gotong-royong yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas karakter anak-anak bangsa Indonesia,” tutupnya. (rd)

Redaktur: ja’faruddin. AS

 


 



Terpopuler


Baca Juga