Prajurit Lanal Kerja Bakti Antisipasi Gangguan Binatang Melata di Lingkungan Rumdis


Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta bekerja bakti di lingkungan Rumdin TNI AL. Foto: Ist

BANTUL - Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta bekerja bakti dalam merawat dan menjaga aset serta antisipasi gangguan binatang melata di lingkungan Rumah Dinas (Rumdis) TNI AL Donotirto di desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul Yogyakarta, Rabu (11/04/2018) yang lalu.

Sekira 115 orang PNS dan warga penghuni Rumdis terlibat dalam kegiatan yang dihadiri langsung Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd, tersebut.

Dalam kerja bakti, prajurit dan PNS Lanal membersihkan dan mengangkat sampah dari selokan atau parit- parit, pembersihan rumput liar yang tumbuh di bahu jalan dan tanah kosong, memotong dahan pohon yang mengganggu kenyamanan dan keamanan lingkungan Rumdis serta melaksanakan pengecatan bangunan gapura pintu utama agar kembali tampak cerah dan indah.

Disela-sela kegiatan kerja bakti, saat istirahat minum kopi, Danlanal menyampaikan arahan kepada seluruh personel dan penghuni Rumdis. Dalam arahannya Danlanal mengungkapkan kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu personel yang menempati Rumdis dalam merawat dan menjaga lingkungan,

“Khususnya akses jalan utama menuju Rumdis berada di areal perkebunan tebu, kondisinya sudah penuh rumput liar dan dahan pòhon saling bersilangan masuk ke badan jalan utama agar kembali bersih dan terbuka.

Rumdis merupakan aset negara yang dimiliki Lanal Yogyakarta, adalah kewajiban kita harus dapat merawat dan memelihara kondisinya dengan baik, untuk hal tersebut mari kita tunjukan kepedulian itu” ungkap danlanal sebagaimana dikutip dalam keterangan Pers Resmi Penerangan Lanal (Penlanal), Jumat (13/04/2018).

Danlanal,  juga menekankan bahwa jika lingkungan Rumdis senantiasa rapi dan bersih akan memberikan dampak pencegahan dari gangguan binatang melata, khususnya bahaya gigitan ular,

“Sebab komplek Rumdis dikelilingi perkebunan tebu dan relatif jauh dari lingkungan perumahan warga lainnya akan sangat berpotensi sebagai sarang binatang melata seperti ular, kalajengking, tikus dan binatang berbahaya lainnya,” imbuh Danlanal didampingi Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H., S. Mar Stud, para perwira staf, bintara, tamtama dan PNS Lanal Yogyakarta.

Kegiatan kerja bakti lingkungan Rumdis Donotirto diahkiri dengan makan siang bersama oleh Danlanal dan diikuti seluruh prajurit, PNS dan penghuni Rumdis. Dengan kegiatan kerja bakti dan makan siang bersama sebagai salah satu upaya Danlanal dalam menumbuhkan semangat kerja berbuat yang terbaik, kekompakan dan kerjasama prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta. (kt2)

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga