Hari Kartini, Kampoeng Mataram Jadi Ajang Mancing dan Melukis Bersama 100 Tokoh DIY

YOGYAKARTA – Bertepatan dengan peringatan hari Kartini, Sabtu (21/04/2018) besok, destinasi wisata kuliner yang tengah populer, Kampoeng Mataram Yogyakarta di Ringroad Selatan Panggungharjo Sewon Bantul, dipastikan bakal lebih meriah. Sedikitnya 100 orang tokoh dari beragam lintas kalangan akan berkumpul untuk ambil bagian dalam event unik bertajuk “Habis Mancing Terbilang Melukis” yang diselenggarakan Kolaborasi Aktivis Budaya Yogyakarta (KOBAR). 

Ketua Panitia Mancing dan Melukis bersama Tokoh DIY, Gita Gilang mengatakan, Acara digelar untuk menjalin mempererat silaturahmi sekaligus memantapkan sinergi diantara stakeholder masyarakat dalam rangka kerja-kerja pemajuan kebudayaan di Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Menurut Gita, hingga hari ini sudah 75 orang tokoh yang terdiri dari penghageng Kraton Yogyakarta, penghageng Puro Pakualaman, pejabat pemerintah, pengusaha, tokoh masyarakat, seniman, budayawan dan wartawan sudah mengkonfirmasi kehadirannya untuk beradu dalam lomba mincing,

“Pendaftaran masih dibuka, sehingga tidak menutup kemungkinan peserta bertambah,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Jumat (20/04/2018).

Dalam event tersebut, kata Gita, panitia menyiapkan 1 kwintal ikan lele dan 1 kwintal ikan bawal serta 50 kilo ikan patin. Disiapkan 15 buah hadiah berupa 15 ekor ayam jago bagi pemenang dari berbagai kriteria. Selain memancing, kata dia, sementara sebanyak 25 orang perupa akan merespon situasi dengan melukis bersama,

“Panitia tidak secara khusus membuat sesi lelang lukisan namun tidak tertutup kemungkinan terjadi transaksi di lokasi acara,” imbuhnya. 

Gita menambahkan, sebagaimana tradisi kegitan yang diselenggarakan KOBAR, dihimbau kepada peserta maupun penonton untuk membawa donasi sembako non mie instant.

“Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Komisariat DIY bahkan telah menginformasikan bakal menyumbang beras sebanyak 2 kwintal. Nantinya Sembako yang terkumpul akan disalurkan kepada sektor masyarakat marjinal,” ungkap Gita Gilang.  

Sekadar informasi, acara mancing dan melukis bersama terselenggara atas kerjasama KOBAR dengan pengelola Kampoeng Mataram Badan Usaha Milik Desa “Panggung Lestari” Panggungharjo Sewon Bantul didukung Dinas Kebudayaan DIY, Bank BPD DIY dan Jogja City Mall. Acara akan dipandu tiga orang perupa kondang Yogyakarta yang dikenal dengan sebutan Trio Kirik, yakni Samuel Indratma, Yuswantoro Adi dan Bambang Heras. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com