Minggu, 22/04/2018 21:28 WIB | Dibaca: 399 kali

Para Dai Kecil Berlaga di Festival Anak Sholeh KFJS TMMD


Salah satu peserta lomba Pidato dalam FAS KFJS TMMD Kodim 0734/Yogyakarta dengan ekspresif membawakan materi pidatonya.Foto: Ja'faruddin. AS

YOGYAKARTA – Puluhan da’i kecil se Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berlaga dalam Festival Anak Sholih (FAS) KAHMI Forever Jalan Sehat (KFJS) di Taman Legawong, Gambirsari, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Minggu (22/04/2018).

Event FAS tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan Kader dan Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pegiat KFJS dan Badko TPA DIY.

Ketua Panitia FAS KFJS TMMD, Buyung Muhamad Iqbal, S.T.,  M.Eng mengatakan, kegiatan FAS merupakan partisipasi KFJS dalam program Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0734/Yogyakarta. Menurut Buyung, dalam FAS KFJS TMMD. Selain lomba Pidato atau pemilihan da’i kecil, sedikitnya 44 anak yang berasal dari TPA di bawah binaan BADKO TPA DIY juga berkompetisi dalam lomba Adzan dan Tartil Qur’an memperebutkan piala dan piagam Dandim 0734/Yogyakarta, Letkol Inf Rudi Firmansyah, S.E, M.M.

Dijelaskan Buyung, FAS KFJS TMMD bertemakan ‘Islam dan Bela Republik Indonesia’ bertujuan menyukseskan gelaran TMMD ke 101 Tahun 2018 Kodim 0734/Yogyakarta. Lebih dari itu, kata dia, FAS bertujuan membentuk karakter generasi muslim yang sholih sekaligus mencintai tanah air,

“Dengan FAS di lokasi TMMD, dimana anak-anak berinteraksi langsung dengan TNI yang jiwa nasionalisme dan kebangsaannya tidak diragukan lagi, diharapkan akan semakin menanamkan dan menguatkan rasa cinta tanah air generasi bangsa yang benar-benar mengamalkan Ke-Islaman sekaligus Ke-Indonesia-an,” tutur Buyung yang juga salah satu presidium Korps Alumni HMI (KAHMI) Majelis Wilayah DIY.

Buyung menambahkan, KFJS yang merupakan agenda dua mingguan komunitas kader dan alumni HMI selama ini berfokus untuk membiasakan hidup sehat serta berkomitmen memberikan sumbangsih sosial kepada masyarakat di setiap tempat yang dijadikan lokasi KFJS.

“Selain memantapkan silaturahmi antar kader dan alumni HMI, KFJS juga senantiasa menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan stake holder pemerintah dan lembaga negara untuk bersama-sama memajukan bangsa, salah satunya dengan TNI dalam gelaran TMMD ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada Dandim sekaligus Dan Satgas TMMD Kodim 0734/Yogyakarta, Letkol Inf Rudi Firmansyah, S.E, M.M yang telah memberikan ruang serta kesempatan KFJS dalam TMMD,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0734/Yogyakarta, Mayor Inf M. Munasik, S. Ag mewakili Dandim menuturkan, pihaknya mengapresiasi KFJS bekerjasama Badko TPA DIY yang telah menyelenggarakan FAS di lingkungan pelaksanaan TMMD. Orang kedua di Kodim 0734/Yogyakarta ini menilai pelaksanaan FAS menjadikan warna baru dalam gelaran TMMD Reguler 101 ini,

“FAS adalah ajang pengembangan potensi diri sekaligus memotivasi agar senantiasa mengukir prestasi dan diharapkan menambah keimanan dan ketaqwaan anak-anak yang masih dalam usia golden age (usia emas),” ungkap perwira TNI AD dengan satu melati di pundaknya ini.

Selain program Fisik pembangunan fisik, kata Mayor Munasik, TMMD juga menggiatkan juga program Non Fisik. Menurut Mayor Munasik, Pembangunan Fisik dan Non Fisik sama-sama penting.  Dengan sarana fisik yang baik dan dikelola SDM yang baik, dia berharap nilai manfaat dari terselenggaranya TMMD bisa lebih baik dan lama dirasakan masyarakat,

“Anak-anak adalah generasi penerus. Oleh karenanaya FAS ini diharapkan akan membentuk anak-anak kita menjadi generasi muslim yang selain memiliki kecerdasan juga iman dan takwa sehingga kelak jika menjadi pemimpin bisa menjadi pemimpin yang baik dan memajukan bangsa dan negara,” harapnya.

Di sisi lain, salah satu peserta FAS, Muadz Fadi Abdalla Ja’far (6) perwakilan TPA Al Ikhsan Dhuri, Tirtomartani, Kalasan, Sleman mengaku sangat senang mengikuti FAS bersama anggota TNI dari Kodim 0734/Yogyakarta. Siswa TK ABA Dhuri ini nampak tak canggung berinteraksi dengan prajurit TNI yang ramah dan bersahabat dengan anak, salah satunya Kapten Surono (Wadanramil UH),

“Aku suka banget main bareng sama Tentara. Cita-citaku kan jadi Jenderal Tentara,” katanya dengan tawa ceria nada polosnya.

Kapten Surono menambahkan, dalam kegiatan FAS, Satgas TMMD Kodim 0734/Yogyakarta memberikan VCD Bela Negara kepada setiap peserta,

"Diharapkan dengan menyaksikan VCD bela negara, anak-anak semakin mencintai bangsa dan negara serta terbangun jiwa patriotismenya sejak usia dini," pungkas Kapten Surono. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS


 





Baca Juga