Tari Wira Pertiwi Ibu Jalasenastri Lanal Yogyakarta Meriahkan Puncak Peringatan Hari Kartini


Tari Wira Pertiwi yang dibawakan Ibu-Ibu dari Jalasenastri Lanal Yogyakarta Tampil di Puncak Peringatan Hari Kartini. Foto:ist

YOGYAKARTA - Jalasenastri Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta, turut meriahkan puncak peringatan Hari Kartini tahun 2018 wilayah DIY, yang di selenggarakan di Bangsal Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY, Jl. Malioboro, Danurejajan, Yogyakarta, pada Senin (23/04/2018).  

Komandan Pangkalan TNI Angkatan laut (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M. Pd., beserta Ketua Jalasenastri Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT), Ny. Febri Arya Delano dan pengurus hadir pada peringatan yang mengusung tema ‘Dengan semangat Kartini kita tingkatkan peran Ibu sebagai pendidik Pertama dan Utama dalam Keluarga’ tersebut.  

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945, pembacaan riwayat R.A. Kartini dan menyanyikan kagu Ibu Kita Kartini.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda DIY, Gatot Saptadi menyampaikan RA Kartini dalam perjuangannya  memperjuangkan hak-hak perempuan, sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat, terutama yang terkait dengan posisi kaum wanita,

“Atas perjuangan ibu Raden Ajeng Kartini itulah, kini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat, tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tetapi juga ikut berpartisipasi dalam memberi warna kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan dan sosial yang luar biasa,” tuturnya.

Pada acara puncak peringatan Hari Kartini tahun 2018 wilayah DIY juga ditampilkan persembahan kesenian dari perwakilan organisasi wanita di DIY, termasuk diantaranya penampilan dari ibu-ibu Jalasenastri Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT) Lanal Yogyakarta, yang menampilkan kesenian tari kreasi budaya masyarakat Yogyakarta, yakni Tari Wira Pertiwi yang ditampilkan secara cantik dalam gerak yang dinamis oleh Ny. Verix, Ny. Ubiyana, Ny. Wahyu Pandarum, Ny. Suharyana, Ny. Ida dan Ny. Luchian, yang merupakan binaan dari Ketua Jalasenastri Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT), Ny. Febri Arya Delano.

Tari Wira Pertiwi ini diciptakan oleh Seniman Bagong Kussudiarjo, seniman tari kreasi budaya asal Kasihan Bantul Yogyakarta. Tarian Wira Pertiwi menggambarkan sosok kepahlawanan seorang prajurit wanita yang tangguh dan penuh ketegasan, ketangkasan dan ketangguhan prajurit wanita dalam memanah untuk ikut serta dalam perjuangan membela bangsa dan negara Indonesia ditampilkan dengan iringan musik bergenre semangat namun penuh gerakan lemah gemulai dari Ibu Jalasenastri mendapat applause meriah dari hadirin yang hadir.

Puncak peringatan hari kartini tersebut dihadiri pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan para Ketua Komponen Organisasi Wanita di DIY. (kt3)

Redaktur: Fefin Dwi. S


 



Terpopuler


Baca Juga